Lebih Paham Tentang Sunnah Rasul

Advertisemen
Secara mudah yang dimaksud dengan Sunnah Rasul adalah segala sesuatu yang datangnya dari Nabi Muhammad saw. baik berupa perkataan, perbuatan dan ketetapan.

Untuk mengetahui apa saja sunnah Nabi, satu-satunya cara yang dapat dilakukan saat ini adalah dengan membaca riwayat hadits-hadits yang berupa teks arab. Karena berupa teks maka dalam memahami sunnah Rasul ada kendala-kendala seperti keaslian isi teks dan apakah yang dikehendaki Rasul sejalan dengan apa yang dipahami pembaca teks hadist.

Dari sini munculah Ilmu-ilmu hadits seperti asbabul furud hadits dan Musthalah hadits. Meskipun telah tersusun berbagai ilmu bantu dalam memahami hadits, masih tetap ada hadits-hadits yang diperselisihkan ulama.

Bagi kita orang awam apalagi yang sama sekali tidak mengerti bahasa arab, perlu kehati-hatian dalam memahami hadits Nabi.

Buku-buku terjemah hadis memang membantu kita memahami hadits, tetapi tidak selamanya terjemah yang kita baca sesuai dengan maksud hadits. Seseorang yang hanya bisa membaca terjemah hadits bisa saja mengalami kesalahan dalam memahami hadits. Sehingga dalam memahami terjemah hadits perlu ditanyakan kepada orang yang lebih paham.

Sebagai pengantar memahami kedudukan sunnah Rasul dalam hukum Islam silahkan membaca postingan di sini: Tentang AsSunah


Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini