Mengenal Asam (Acids) dalam Teori Kimia

Advertisemen

Apa itu Asam

Rasa kecut dari makanan seperti lemon adalah disebab kan oleh Asam (acids). Asam dalam makanan lemah, tetapi dapat menyengat jika disentuhkan pada kulit yang terluka. Asam kuat, seperti sulfuri acids dalam batere mobil(AKI), akan sangat berbahaya karena bisa membakar materi. Semua Senyawa Asam mengandung hidrogen. Mereka larut dalam air membentuk partikel yang disebut dengan ion hidrogen. Semakin banyak ion hidrogen yang ada dalam kandungan asamnya, maka semakin kuat asamnya.


3. Ali 'Imran
2. Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.


Lemon dan buah jeruk lainya terasa kecut karena mengandung citrik acids. Citric acid digunakan untuk menambah rasa asam pada makanan dan minuman ringan. Buah jeruk juga mengandung asam lainnya, yang disebut dengan ascorbic acid atau Vitamin C, yang kita butuhkan untuk kesehatan kulit dan gusi.

Bercak-bercak yang tampak dalam beberapa patung disebabkan oleh asam dalam air hujan yang mengenai batu. Air hujan selalu sedikit asam karena karbon dioksida dalam udara larut dalam air membentuk asam karbon. Umumnya, area industri menghasilkan polutan, seperti sulfur dioksida. Polutan ini bereaksi dengan air dalam awan membentuk asam kuat yang bereaksi dengan batu, khususnya bati kapur.

Jumbai-jumbai pada siput laut merembeskan asam yang disebut dengan asam sulfur untuk melindungi diri. Asam sulfur membuat cabang-cabangnya yang berjumbai menjadi beracun dan terasa menyakitkan, sehinga tidak ada predator baginya. Semut dan daun jelateng mengandung asam yang disebut asam metan yang digunakan untuk melindungi dirinya.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini