Translate To Your Language

Buku Hierarki Ilmu Dalam Keilmuan Islam

Diposkan oleh Islam Wiki
Hierarki Ilmu Dalam Keilmuan Islam
Menurut Al Farabi, Al Ghazali dan Qutb Al Din Al-Syirazi

Masalah klasifikasi ilmu merupakan salah satu kunci untuk memahami tradisi intelektual Islam. Berbeda dengan cara pandang Barat yang menempatkan seluruh ilmu pengetahuan dalam tataran yang sama, Islam memandang ada hierarki dalam objek yang diketahui, demikian pula dalam subjek yang mengetahui.

Buku karya Osman Bakar dengan judul "Hierarki Ilmu Dalam Keilmuan Islam: Membangun Rangka Pikir Islamisasi ilmu" (diterbitkan oleh Mizan yang diterjemahkan dari 'classification of knowledge in Islam: A Study in Islamic Philosophies of Science' terbitan Institute for Policy Research, Kuala Lumpur Malaysia, 1992. Dicetak mizan pada 1997) Adalah buku pertama yang membahas masalah klasifikasi ilmu dalam Islam secara ilmiah dan pada saat yang sama ditulis dengan bahasa kontemporer. Pengarangnya memiliki perspektif Islam tradisional sekaligus mengenal akrab pemikiran Barat modern, sehingga bahasaanya tentang tema ini menjadi sumbangan penting bagi diskursus Mutakhir Islamisasi Ilmu.

Diantara begitu banyak pemikir Islam kalsik yang membahas tema yang sama, Osman Bakr memilih tiga tokoh yang benar-benar mewakili tradisi Islam secara keseluruhan. Tak berlebihan jika dikatakan bahwa buku ini adalah refrensi penting dalam mebnagun kerangka landasan yang kuat bagi upaya menegakan kejayaan ilmiah Islam.