peluang usaha untuk muslim

Dimensi Kemanusiaan Dalam Ekonomi Islam

Kemanusiaan adalah salah satu nilai dasar yang dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. Prinsip kemanusiaan yang mungkin terjemahan dari humanisme atau humanitarian - meminjam istilah Julien Benda mengandung ciri-ciri tertentu.

Pertama, mengandung nilai keadilan yakni kemanusiaan yang berkeadilan.
Kedua, mengandung nilai keberadaban, yakni kemanusiaan yang berkeberadaban.

Makna kemanusiaan kerap kali lebih jelas jika berhadapan dengan kasus-kasus yang bertentangan dengan peri kemanusiaan.

Berbeda dengan pandangan humanisme bahwa "manusia itu adalah ukuran dari segala hal", pusat dari arti penting dan wadah dari segala kebajikan, maka Islam menempatkan kemanusiaan sebagai sekunder dari nilai tauhid. Keutuhan yang dalam kehidupan sehari-hari diekspresikan sebagai kebenaran, Keadilan dan Keindahan. Tauhid adalah sumber dari pinsip kemanusiaan.

Kemanusiaan adalah konsekuensi dari Ketuhanan. karena itu Tuhanlah yang paling berhak menilai dan menempatkan manusia diantara semua makhlukNya. Atas dasar itu, maka sesungguhnya kehidupan manusia itu dimuliakan oleh Allah, karena salah satu prinsip ajaran kemanusiaan Islam adalah pemuliaan hidup.

Simak kelanjutannya dengan membaca digital paper online berikut ini. Silakan tunggu agar semua data dapat ditampilkan secara penuh dan Anda dapat mulai membacanya.


Back To Top