Artikel, Berita dan Opini Tentang Islam

Anda Tahu? Apa Perbedaan Manusia Dengan Hewan



Ibnul Mubarak ditanya: " Siapakah manusia itu? ia menjawab : "Para Ulama". Dintanyakan lagi : " Siapkah raja itu?" Ia menjawab ; " Orang-orang yang zuhud". Ditanyakan lagi: " Siapakah orang rendahan itu?" Ia menjawab: ' Orang-orang yang memakan dunia dengan Agama."

Dalam cerita tersebut Imam Alghazali mengomentari dalam kitabnya Ihya "ulumudin :
Ia tidak memasukan orang yang tidak berilmu ke golongan manusia karena kekhususan yang membedakan manusia terhadap seluruh hewan adalah ilmu. Maka manusia adalah manusia yang menjadi mulia karena ilmu.

Kemuliaan itu bukan karena kekuatan dirinya karena unta itu lebih kuat darinya. Dan bukan dari besarnya karena gajah lebih besar darinya. Bukan karena beraninya, karena binatang buas lebih berani darinya. Bukan karena makannya karena lembu itu lebih besar perutnya dari pada perutnya. dan bukan karena bersetubuhnya karena burung pipit yang paling rendah itu lebih kuat dari padanya. Bhakan manusia itu tida dijadikan (tidak diciptakan) kecuali karena ilmu.

Apa Perbedaan Manusia Dengan Hewan


Sabda Rasulullah SAW:

ا لعلماء ورثة الا نبياء

" Ulama Adalah Pewaris para Nabi"(HR Abu Dawud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam shahihnya dari Abu darda')


لفضل الناس المؤمن العالم الذى ان اجتمع اليه نفع و ان استغن عنه اغنى نفسه

" Seutama-utama manusia adalah orang mukmin yang Alim(pandai) yang jika ia dibutuhkan maka ia berguna dan jika ia tidak dibutuhkan maka ia mencukupkan dirinya"

(HR. Al Baihaqi dalam Syu'bud Iman Mauquf pada abu darda' dengan sanad lemah).




Share Ke Temenmu:
Kategori: Akhlak
Back To Top