Adab-Adab Islam: Belajar Menjadi Muslim Yang Berakhlak Mulia

Advertisemen

Adab  Muslim Kepada Orang Tua

Seorang Muslim mempercayai akan adanya hak terhadap kedua orang tua dan juga untuk mentaati mereka serta harus berbuat ihsan kepada keduanya.

Hal ini bukanlah dikarenakan keduanya yang menyebabkan adanya dia atau karena keduanya telah memberikan segala kebaikan mereka untuknya.

 Akan tetapi karena  Allah SWT telah mewajibkan kepada seorang anak untuk mentaati dan berbuat baik serta berbuat ihsan kepada keduanya, sampai-sampai Allah mengaitkan atau menyandingkan hak orang tua yang menjadi kewajiban anak dengan ibadah kepada Allah.

Allah berfirman dalam Surat Al Isra' ayat 23-24 yang artinya:

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil."

Oleh karena itu, seorang muslim ketika mengakui terhadap hak-hak orang tua dan dia melaksanakannya, maka sempurnalah ketaatan kepada Allah dan melaksanakan wasiat Allah.



Adapun adab/ hak kepada kedua orang tua adalah:

1. Mentaati keduanya dalam setiap apa yang keduanya perintahkan atau yang mereka larang selama tidak untuk berbuat maksiat kepada Allah dan menentang syariat Allah.

Hal ini ditegaskan dalam firman-Nya QS. Al Ankabut ayat 8 yang artinya:

"Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu- bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. "


2. Menghormati, mengagumi, merendahkan diri, dan memuliakan keduanya baik dengan perkatan maupun perbuatan, jangan membentak, meninggikan suara melebihi suara keduanya, dan jangan bepergian kecuali dengan izin dan ridho mereka.

3. Berbuat baik kepada keduanya sesuai kemampuannya.

4. Bergaul dengan kasing sayang sebagaimana mereka mereka mengasihinya dan mendoakan keduanya dan memohonkan ampun bagi keduanya. Menunaikan janji mereka dan memuliakan kerabat keduanya.

Adab Kepada Saudara Kandung

Sesungguhnya kedekatan manusia setelah kepada orang tuanya adalah kepada saudara-saudaranya. Oleh karena itu sudah sepantasnya bagi seorang muslim untuk:

  • Menghormati mereka dalam segala hal dan mencintai dengan setulus hati.
  • Mengkhususkan kepada kakak laki-laki maupun perempuan dengan menganggap mereka setara dengan kedudukan orang tua, maka laksanakan nasehat mereka dan jangan menentang perintah mereka. Rasulullah telah bersabda yang artinya: "Hak Saudara tua (kakak) terhadap adik mereka seperti hak orang tua terhadap anak." 
  • Menolong saudara sesuai kemampuan untuk menolong. Rasulullah bersabda yang artinya: "Perumpamaan dua orang saudara adalah seperti kedua tangan yang membersihkan  salah satunya kepada yang lainnya".


Adab Kepada Saudara Muslim

QS.  Al Hujurat ayat 10 yang artinya :  Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

Rasulullah saw bersabda yang artinya: orang mukmin terhadap mukmin lainnya seperti  dua bangunan yang keduanya saling menopang."

 QS. AnNisa` ayat 86 yang artinya: Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.


Adab kepada Tetangga

Tetangga merupakan orang yang tinggal di sekeliling rumah kita. Bagi seorang muslim ada hak-hak tetangga yang harus dilaksanakan, diantaranya:

1. Jangan pernah menyakiti tetangga. 

Rasulullah saw bersabda yang artinya: Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir maka janganlah menyakitinya tetangganya."

2. Berbuat ihsan kepada tetangga.

 Rasulullah saw terlah bersabda yang artinya: " Barang siapa beriaman kepada Allah dan hari akhir maka berbuat ihsanlah kepada tetangganya."

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini