Agar Belajar Membaca Al-Quran Menyenangkan Bagi Anak Anda

Advertisemen
Banyak orang bertanya bagaimana mengajarkan Al-Quran kepada anak-anak . Jawabannya bisa dengan cara; mengirim mereka ke setiap masjid atau pusat Islam atau TPA, atau menyewa Qari ( guru ) bagi mereka untuk mengajar mereka Quran. Tidak peduli itu adalah cara tradisional untuk mengajar Quran, tapi Dunia terlalu cepat hari ini, begitu juga anak-anak kita. Sebagian mereka tidak mau belajar sesuatu dengan metode tradisional. Sebaliknya mereka perlu belajar dengan cara yang interaktif . 

Mereka ingin pembelajaran disertai dengan waktu yang menyenangkan. Metode pengajaran tradisional seperti mengajar Quran dari Qaida memiliki naskah hitam dan putih yang sama tidak menarik bagi sebagian anak-anak. Mengapa tidak mengajar mereka dengan metode pengajaran interaktif, penuh warna dan penuh aktivitas seperti mereka juga belajar di kelas playgroup. Ini tidak hanya akan menyenangkan bagi mereka untuk belajar pelajaran sehari-hari tetapi mereka juga akan belajar dengan menyenangkan.
Mengajari Anak AlQuran dengan Cara Menyenangkan

TIPS BELAJAR BACA AL-QUR'AN MENYENANGKAN

Ajarkan anak Anda dalam lingkungan yang ramah dan menarik yang memungkinkan mengajar mereka dengan cara yang interaktif.
  1. Buatlah dua set kartu dengan huruf Arab di satu sisi dan kosong dari sisi lain. Kemudian bermain memori (ingatan) dengan mereka dan permainan mencocokan dengan kartu-kartu.
  2. Membuat buku khusus dan berwarna-warni bagi mereka untuk belajar.
  3. Jaga rutinitas tapi pendek biarlah sekali sehari di hari kerja dan dua kali sehari pada hari libur.
  4. Selama pelajaran seringlah memuji anak-anak Anda, dan pelu mereka dengan banyak.
  5. Untuk mengajar, bentuk  Buah dan sayuran akan sangat berguna.
  6. Seringlah membuat mereka mewarnai dalam abjad.
  7. Beritahu anak Anda bahwa sesuatu yang sangat istimewa akan ada saat belajar Quran, seperti cerita yang bagus atau bermain dengan ibu atau perjalanan ke taman.
  8. Ucapkan surah pendek saat berbaring tidur. Mulai dari kalam pertama .
  9. Seringlah membaca semua surat pendek, ayat ul kursi , dua qunut dalam perjalanan ke sekolah di pagi hari. Tidak peduli Anda pergi ke sekolah dengan mobil atau Anda berjalan, dibutuhkan tidak lebih dari 12 menit untuk membaca semua . Jika Anda tidak meninggalka anak-anak Anda di sekolah, jangan khawatir bacaan ini bisa dilakukan di mana saja , kapan saja , bahkan di ayunan.
  10. Berikan anak Anda beberapa hal yang sangat khusus (bisa mainan, permainan, buku Islam, perjalanan ke beberapa tempat) ketika ia telah menghafal Surah baru atau menyelesaikan juz Quran 

Sangat sabar dan ramah untuk anak Anda sehingga ia / dia dapat belajar dengan bebas.
(sumber: www.alquranclasses.com)


Play Video ini Untuk menonton dan mendengarkan Lagu Alif Ba Ta


Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini