Anda Seorang Muslim? Ilmu Apa Saja Yang Harus Dipelajari

Advertisemen
Dalam Islam ilmu bisa dikatakan sebagai pondasinya beragama. Oleh sebab itu ada banyak sekali nash yang menunjukan begitu pentingnya ilmu itu. 

Ada nash yang mengatakan bahwa syetan lebih takut terhadap orang yang berilmu yang sedang tidur daripada orang yang beribadah. 

Ada juga nash yang mengatakan bahwa tidurnya orang berilmu lebih utama dari pada orang yang ahli ibadah tapi tanpa ilmu. 

Begitu pentingnya ilmu dalam Islam sampai-sampai begitu besar ganjaran bagi orang yang menuntut ilmu.

Kita bisa simpulkan hal ini dari nash yang sering kita dengar, bahwa orang yang membaca Al-qur'an dengan terbata-bata saja mendapat pahala, setiap huruf yang dibaca ada pahala.

Bukankah ini sebuah anjuran dan motivasi bagi umat Islam agar menuntut ilmu. 

Dalam mempelajari ilmu beragama Islam, setidaknya kita dapat mengikuti apa yang telah berjalan selama ini di dunia pendidikan Islam.

Para ulama telah mensistematisasikan cabang-cabang keilmuwan Islam, agar umat Islam dapat mempelajarinya dengan lebih efektif dan efisien.

bukan islam ktp


TIGA CABANG ILMU ISLAM

Ada tiga cabang ilmu pokok yang perlu kiranya untuk dipelajari oleh setiap muslim. 3 ilmu tersebut adalah Akidah, Akhlak dan Fikih.

Lalu ada cabang lainnya yang perlu dipelajari jika ingin memperkuat dan mengokohkan ilmunya seperti; ushul fikih, kaidah fikih, ulumul hadits, ulumul qur'an, Sirah Nabawi dan bahasa Arab.

Khususnya dalam ilmu Fikih, yang perlu kita pahami bersama adalah bahwa Fikih adalah sistematisasi tata cara beribadah yang merupakan hasil pemahaman para ulama terhadap nash (al-Quran dan Hadits).

Sehingga jangan aneh jika dalam ilmu ini ada banyak perbedaan satu dengan lain. Dari ilmu ini telah muncul, 4 mazhab yang terbesar yaitu, Malikiyah, syafiiyah, Hanabilah dan Syafi'iyah.

Jadi jika kita melihat ada orang lain yang sedikit memiliki perbedaan tata cara beribadah jangan langsung menyalahkan.

Sayangnya fanatisme dan taqlid buta sering menjangkiti masyarakat Islam, sehingga timbulah perpecahan di dalam umat Islam sendiri. 

Sebagai umat Islam marilah kita meluangkan waktu untuk mempelajari ilmu akidah (tauhid), ilmu akhlak dan ilmu fikih. Untuk ilmu akidah yang menjadi pegangan mayoritas Ulama adalah "Ilmu Akidah ahlusunnah waljamaah". 

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini