Tindakan Darurat Jika Digigit Ular Berbisa

Advertisemen
Di Indonesia, ular merupakan salah satu binatang berbahaya yang cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Cukup banyak jenis Ular berbisa yang ada di wilayah Indonesia, seperti ular kobra, dan ular hijau. Oleh sebab itu sebaiknya kita memahami tindakan apa yang harus dilakukan andai saja ada orang yang terkena gigitan ular berbisa.

Tindakan-tindakan darurat jika digigit ular yaitu:

  1. Cuci luka gigitan ular dengan air bersih atau dengan larutan kalium permanganat untuk menghilangkan atau menetralisir bisa ular.
  2. Jangan dihisap luka gigitan ular dengan mulut walau untuk mengeluarkan racun tapi cukup mengikat area luka gigitan ular untuk menghambat penyebaran racun.
  3. Bila mungkin anggota badan yang digigit didinginkan dengan es batu.
  4. Usahakan jangan banyak bergerak jika digigit ular tetap tenang dan berpikir positif.
  5. Jika kondisi jauh dari rumah sakit luka bekas gigitan ular diusahakan dengan mencari pohon pisang yang masih muda sekitar 6. meter potong sekitar 30 cm dari pangkal daun dan ujung potongan pohon pisang ditempelkan pada luka gigitan ular yang area nya telah diikat dengan tali atau bahan apapun untuk menghambat racun ular masuk dan mengalir melalui pembuluh darah.
  6. Penderita secepatnya harus dibawa ke dokter atau rumah sakit yang terdekat untuk menerima perawatan selanjutnya.
  7. Ada sebagian cara penduduk pedalaman meminum air jahe dan membalur luka gigitan ular dengan kunyit terus menerus sampai menunggu pertolongan dokter.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini