Al-Qur'an pun Menantang Manusia Untuk Menjelajah Angkasa

Advertisemen
Roket sampai saat ini adalah satu-satunya jenis teknologi yang dapat mengantarkan manusia menembus langit. Dengan teknologi roket yang terus dikembangkan, manusia semakin jauh mendapatkan informasi apa yang ada nan jauh di penjuru langit. Hal ini sudah merupakan kepastian (takdir) bagi manusia untuk melintasi penjuru langit, karena telah ditegaskan dalam Al-Quran Surat Ar Rahman 33-34

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَن تَنفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانفُذُوا لَا تَنفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ.{} فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Wahai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus dan melintasi penjuru langit dan bumi, maka tembus dan lintasilah! Kamu tidak akan dapat menembus dan melintasinya kecuali dengan kekuatan. Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan?

Kata quthr (jamak dari aqthar) mengandung arti garis tengah, daerah, zona, atau sesuatu yang terliputi suatu daerah kekuasaan. Jika seseorang menggunakan kompas, maka ia menciptakan suatu lingkaran yang mencakup angkasa. "Jika kamu sanggup menernbus dan melintasi penjuru langit dan bumi, maka tembus dan lintasilah. Kamu tidak akan dapat menembus dan melintasinya kecuali dengan kekuatan."

Allah swt mendorong manusia untuk menjelajah, tetapi ia tidak bisa melakukannya kecuali bila ia memiliki kekuatan, kecuali bila ia memiliki kemampuan dan kesanggupan (sulthan). Ini adalah tantangan positif bagi manusia. Setiap daerah atau zona mempunyai suatu energi. Jika manusia ingin pergi melampaui suatu daerah, maka ia harus mampu menembus batasnya. Untuk melepaskan diri dari tarikan gravitasi bumi, seseorang mesti mencapai kecepatan 17.000 mil per jam. Manusia membutuhkan sulthan untuk mengatasi gravitasi.

Ayat tersebut secara tidak langsung merupakan sebuah pernyataan tantangan bagi manusia bahkan jin untuk bisa menjelajah luar angkasa. Sehingga sudah seharusnya bagi umat Islam untuk mempelajari pula ilmu dan teknologi roket. 

diagram penampang roket
Salah Satu Contoh Diagram Teknologi Roket


Mengenal Teknologi Roket Melalui Situs Berikut:
2. dapur-roket-indonesia.com
3. Belajar melalui situs-situs bahasa Inggris. Cari informasi melalui Search Engine Dengan kata kunci: Diagram Inside Rokcet, Rocket Science, Propellant, dll.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini