Langkah Dan Cara Membuat Web : Konsep Dasar

Advertisemen

Apa itu Web


Singkatnya, web adalah sejumlah besar komputer yang saling berhubungan untuk berkomunikasi satu sama lain. Komputer (dalam web) biasanya dihubungkan dengan saluran telepon, sinyal satelit digital, kabel, dan jenis-jenis transfer data mekanisme lainnya. Sebuah 'mekanisme transfer data' adalah cara aneh untuk mengatakan: suatu cara untuk memindahkan informasi dari titik A ke titik B ke titik C dan seterusnya.

Komputer yang membentuk web dapat dihubungkan sepanjang waktu (24 / 7), atau mereka dapat terhubung hanya secara berkala. Komputer yang terhubung setiap saat biasanya disebut 'server'. Server adalah komputer seperti yang Anda gunakan sekarang untuk membaca artikel ini, dengan satu perbedaan utama, mereka memiliki perangkat lunak khusus yang dipasang, yang disebut perangkat lunak 'server'.

Apa fungsi dari perangkat lunak server / program?


Perangkat lunak server diciptakan untuk 'melayani' halaman web dan situs web. Pada dasarnya, komputer server memiliki banyak situs web, dimuat di atasnya dan hanya menunggu untuk orang-orang (melalui web browser) untuk meminta atau meminta halaman tertentu. Ketika browser meminta halaman server mengirimkannya keluar. Dalam bahasa umum, istilah server ini di ganti dengan istilah 'hosting'. Untuk bisa memiliki hosting, biasa para pengembang web lebih memilih untuk menyewa hosting dengan jenis tertentu kepada provider hosting. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya, karena untuk membuat dan merawat komputer hosting diperlukan biaya yang cukup mahal.

Bagaimana web surfer menemukan situs web?


Jawaban singkatnya adalah: dengan mengetikkan URL, atau dengan kata lain, alamat situs web. Jadi misalnya, jika Anda ingin menemukan situs web kaskus.us, Anda akan mengetik alamat ke address bar web browser Anda atau Anda mungkin menggunakan 'favorit' atau link 'bookmark' untuk kaskus.us.

Ada cara lain untuk menemukan situs web (seperti mesin pencari,) tapi di belakang layar situs web semuanya ditemukan dengan pergi ke alamat resmi situs web.

Mendaftarkan nama domain Anda


Jika Anda pernah bertanya-tanya apa itu domain? Dengan mendaftar nama domain, Anda akan mendapatkan alamat resmi untuk situs web Anda di World Wide Web. Dengan alamat 'resmi', pemakai web dapat menemukan web Anda.

Seperti alamat rumah Anda adalah unik di dunia nyata, ada juga tidak dapat setiap duplikasi alamat di Internet, jika tidak ada yang akan tahu ke mana harus pergi! Dengan kata lain, nama domain adalah alamat unik di web.

Mengapa mendaftarkan nama domain ber- biaya?


Jika Anda ingin memiliki alamat unik milik Anda sendiri di web, nama domain Anda sendiri, itu akan dikenakan biaya beberapa rupiah untuk setiap tahun Anda ingin nama 'sendiri' itu. Biaya pendaftaran nama domain berkisar dari, kurang dari $ 3 USD sampai $ 30 USD per tahun. Tergantung dari jenis domain; .com, .co, co.id, web.id dll. Anda dapat mendaftarkan domain dari 1 sampai 10 tahun.

Alasan untuk biaya ini adalah bahwa 'buku alamat' pusat dari semua nama domain di dunia perlu diperbarui - dan seseorang harus membayar untuk itu! Anda mungkin telah memperhatikan bahwa saya hanya menyelinap dalam sepotong kecil informasi tambahan: raksasa 'alamat web buku' dari domain.
Ketika Anda ketik nama domain sebuah website atau klik link yang membawa Anda ke nama domain, browser Anda mulai bertanya server mana, nama domain tertentu yang duduk (di web) dan server kemudian dapat memberitahu browser kemana harus pergi dengan mengacu ke buku alamat raksasa yang saya sebutkan di atas.


3 Cara Untuk Membuat Halaman Web


1. Gunakan template Desain Web

Sebuah template web desain adalah sebuah template desain halaman web yang dapat disesuaikan untuk mencerminkan merek perusahaan Anda. Template desain web dapat ditemukan dalam berbagai format seperti Photoshop dan HTML. Anda dapat menemukannya dengan mudah di internet, template ini kompatibel dengan editor HTML seperti GoLive, FrontPage, dan Dreamweaver.

Template ini dapat sangat berguna, mereka dapat digunakan oleh web designer yang berpengalaman untuk 'melejitkan' penciptaan sebuah situs web. Mereka juga merupakan cara bagi orang untuk menciptakan situs web yang tampak besar dengan cepat dengan sedikit atau tanpa pengetahuan HTML dan desain web.

2. Gunakan editor HTML seperti FrontPage atau Dreamweaver:

Editor HTML membuat pembuat halaman web merasa seperti (sampai batas tertentu) membuat dokumen di Microsoft Word ... itu dibuat cukup mudah. Tapi kerugiannya adalah bahwa Anda kehilangan sejumlah kendali dari apa yang Anda lakukan dan dalam beberapa kasus menjadi tergantung pada program.

3. Mengetik kode HTML Anda dalam editor teks seperti Notepad:

Itu berarti Anda ketik kode HTML sendiri. Ini adalah pendekatan yang paling bagus, karena itu cara tercepat untuk belajar bagaimana untuk membangun halaman web, dan ini bisa dibilang cara terbaik karena Anda memiliki kontrol yang terbaik atas apa yang Anda lakukan. Untuk cara ini setidaknya perlu mengenal sistem pengkodean HTML. Untuk yang lebih mahir perlu dikenal pula pengkodean CSS dan php.
Langkah-langkah mudah membuat website:
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini