Sistematika Penulisan Proposal Penelitian

Advertisemen
Tidak ada aturan yang standar baku tentang unsur-unsur yang ada dalam proposal penelitian. Hal ini tergantung pada sponsor, pemberi dana dan pengguna penelitian. Tetapi pada umumnya proposal penelitian mencakup sistematika penulisan sebagai berikut:

Judul

Judul penelitian harus jelas ringkas dan mencerminkan masalah apa yang akan diteliti.

Latar Belakang

Yaitu permasalahan yang akan diteliti melalui struktur penalaran makro(identifikasi masalah) ke mikro(batasan dan fokus masalah) dengan dukungan data.

Rumusan Masalah

Ini bukan pertanyaan penelitian, tetapi diawali dengan pengungkapan dalam kalimat pernyataan dengan jelas, padat dan singkat kemudian disederhanakan dalam bentuk pertanyaan penelitian.

Tujuan dan Kegunaan

Tujuan penelitian pada dasarnya adalah hal spesifik yang diinginkan dari kegiatan penelitian berdasarkan rumsan masalah dan pertanyaan penelitian. Kegunaan dirumuskan secara spesifik sesuai dengan problem yang akan dipecahkan.

Telaah Pustaka/Literaure Review

Berfungsi untuk menunjukan relevansinya dengan ilmu pengetahuan dan meyakinkan bahwa masalah yang akan diteliti menarik, aktual dan belum tersentuh. Telaah pustaka juga membantu penelusuran asumsi, teori dan konsep yang mendasari pertanyaan yang diajukan dalam penelitian.

Kerangka Teoritik

Berisi tentang definisi teori yang digunakan, definisi konsep dan operasionalnya serta variabel yang dimunculkan.

Hipotesis

Yaitu jawaban sementara atas pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan. Hipotesis merupakan pernyataan dugaan tentangan hubungan antara dua variabel atau lebih yang disusun berdasarkan asumsi bahwa memang ada fakta empiris yang mendukungnya.

Metode Penelitian

Yaitu teknik atau prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisa data. Umumnya Metode penelitian yang dipaparkan dalam sebuah proposal penelitian meliputi:
- Jenis Penelitian [Field research(Riset Lapangan) atau Library research (Riset pustaka)]
- Sifat Penelitian ( Historis, deskriptif, korelasional, ekperimental, deskriptif-analisis)
- Sumber Data (Populasi dan Sampel).
- Teknik Pengumpulan Data ( Kuesioner/angket, wawancara, observasi dan dokumenter).
- Pendekatan Penelitian
- Analisis Data

Daftar Pustaka

Daftar buku dan literatur yang digunakan dalam proses penyusunan proposal.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini