Pelajaran Kimia Tentang Nitrogen

Advertisemen

Apa itu Nitrogen

Nitrogen dibutuhkan untuk membuat protein, yang sangat vital bagi kehidupan. Tumbuhan dan hewan mendaurulang nitrogen lewat udara dan tanah dalam suatu proses yang disebut daur Nitrogen. Sebaga sebuah gas, nitrogen membentuk 75 persen dari udara. Pada suhu sehari-hari nitrogen sangat tidak reaktif. Nitrogen digunakan dalam pengeringan paket, sehingga isinya tidak busuk atau tengik. Nitrogen juga digunakan untuk membuat industri kimia seperti pupuk dan bahan peledak.


32. As Sajdah
27. Dan apakah mereka tidak memperhatikan, bahwasanya Kami menghalau (awan yang mengandung) air ke bumi yang tandus, lalu Kami tumbuhkan dengan air hujan itu tanaman yang daripadanya makan hewan ternak mereka dan mereka sendiri. Maka apakah mereka tidak memperhatikan?

10. Yunus
31. Katakanlah: "Siapakah yang memberi rezki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?" Maka mereka akan menjawab: "Allah." Maka katakanlah "Mengapa kamu tidak bertakwa kepada-Nya)?"


Nitrogen Cair

Ketika gas nitrogen didinginkan pada suhu 196'C, akan berubah menjadi cair. Nitrogen cair sangat dingin yang dapat membekukan substansi (benda) dalam hitungan detik. Di rumah sakit, nitrogen cair digunakan untuk mengawetkan darah dan bagian tubuh untuk transplantasi. Benda yang diawetkan itu disimpan dalam tempat khusus, wadah tertutup yang diisi dengan nitrogen cair. Karena nitrogen tidak reaktif, maka tidak mengubah benda yang diawetkan.

Halilintar

Panas yang dihasilkan oleh halilintar memaksa molekul nitrogen di udara untuk bercerai. Atom nitrogen berikatan dengan oksigen membentuk nitrogen oksida, yang larut dalam air membentuk asam nitrat. Asam nitrat lemah jatuh ke tanah, lalu merengkah untuk membentuk senyawa nitrat dan nitrites. Kedua senyawa ini esensial untuk kehidupan tumuhan dan mikroorganisme.

Pemupukan Tanah

Petani selalu menggunakan pupuk agar tanamannya dapat tumbuh dengan baik. Banyak pupuk yang mengandung nitrogen dalam bentuk nitrat, karena ini adalah bentuk yang dapat digunakan oleh tumbuhan. Pupul alami terbuat dari kompos dan kotoran. Pupuk sintetik dibuat dengan mengkombinasikan nitrogen dari air dengan hidrogen dari gas alam.

Mudah Meledak

Senyawa nitrogen digunakan untuk ledakan. Senyawa ini menagndung zat kimia yang dapat hancur dengan mudah untuk menghasilkan gas dengan volume raksasa dengan sangat cepat. Senyawa ini dapat digunakan mengontrol perobohan gdung tanpa merusak gedung disekitarnya. Ledakan TNT (Trinitrotoluene) mereleas hidrogen, karbon monoksida dan nitrogen, dan bubuk karbon yang menghsilkan asa hitam.

Daur Nitrogen

Semua makhluk hidup memerlukan nitrogen, tetapi kebanyakan tidak dapat langsung menggunakannya dari udara. Nitrogen haris dikombinasikan dengan unsur lain membentuk nitrit dan nitrat. Hal ini dilakukan oleh halilintar dan oleh bakteri nitrogen. Nitrate diserap oleh tumbuhan, yang selanjutnya dimakan oleh binatang.

Gerakan Atoms

Nitrogen dari udara diatur untuk membentuk nitrate dalam tanah melalui bakteri nitrifying. Nitrat diangkut oleh tumbuhan untuk membangun tanaman protein. Ketika seekor binatang memakan tumbuhan, hal tersebut merubah protein tumbuhan menjadi protein hewan. Bakteri denetrifying merubah nitrogen yang terkandung dalam kotoran hewan dan tanaman yang busuk, materi kembali menjadi gas nitrogen lagi.

Bakteri Nitrifying dalam benjolan Akar

Bakteri nitrifying adalah kunci dari daur nitrogen. Beberapa hidnup di benjolan akar kacang-kacangan(pologn dan buncis), Lainnya hidup bebas ditanah. Bakteri di tanah membaut nitrat dari nitrit dan molekul nitrogen lainnya. Bakteri dalam benjolan akar kacang mengambil nitrat dari tanah.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini