Pelajaran Kimia Tentang Air

Advertisemen

Apa Kimia dari Air

Kombinasi sederhana dari 2 atom hidrogen dan satu atom oksigen membentuk sebuah molekul air (H2O). Air adalah senyawa paling banyak yang ada dibumi, membentuk lebih dari separo berat dari makhluk hidup. Air vital bagi kehidupan, membawa nutrisi dan mengerluarkan sampah dari setiap sel hidup. Molekul air saling berikatan melalui ikatan hidrogen dan menjadikan air beberapa hal yang ganjil tetapi bermanfaat.



39. Az Zumar
21. Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya, lalu menjadi kering lalu kamu melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal


Melimpahnya Air

Air menutupi sekitar 70 persen dari permukaan bumi. Inilah kenapa bumi nampak biru dari angkas, dan kenapa bumi disebut dengan planet biru. Air adalah cairan di laut dan membentuk es keras di kutub. Air embun adalah gas dalam udara. Tempat lembab, seperi hutan hujan, memiliki banyak air embun. Tubuh manusia sekitar 60 persen air dan tomat yang masak berisi lebih dari 9 persen air.

Air Minum

Pada suhu ruang, air murni adalah cairan yang tidak berwarna dengan pH netral- tidak asam atau basa. Tetapi kebanyakan air tidak murni. Air keras/mentah mengandung mineral kalsium dan magnesium, yang larut dalam air saat mengalir melalui bebatuan. Sabun tidak dapat berbusa dengan baik pada air keras- mineralnya bereaksi dengan sabun membentuk lapisan kotoran. Air keras dihaluskan dengan cara menggodok atau melewatkan melalui water softener.

Ikatan Hidrogenon

Molekul air memiliki daya pikat ke molekul lain. Daya pikat/tarik ini disebut dengan ikatan hidrogen. Ikatan ini adalah ikatan cukup lemah dibandingkan dengan ikatan yang ada dalam sebuah molekul air, tetapi cukup kuat untuk memberi air sifat yang ganjil. Contoh, air adalah cari pada suhu ruang, padahal molekul lainnya berbentuk gas.

Struktur Molekuler

Dalam sebuah molekul air, elektron tidak ditarik oleh atom oksigen dari pada hidrogen. Sehingga atom oksigen memiliki muatan negatif yang kecil dan atom hidrogen memiliki muatan positif yang kecil. Muatan negatif atom hidrogen yang sedikir pada satu molekul air ditarik ke muatan negatif atom oksigen yang sedikit dari molekul air lainnya. Tarikan ini adalah ikatan hidrogen.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini