Mengenal Tentang Industri Kimia

Advertisemen

Pentingnya Industri Kimia

Bahan-bahan dari industri kimia berada di sekitar kita. Contohnya bahan kimia untuk membuat cat untuk motor, plastik untuk televisi dan berbagai obat-obatan. Rekayasa kimia dimulai dengan bahan/materi-materi mentah, seperti petrokimia, airlaut dan mineral. Para perekayasa memisahkan bahan-bahan dengan menggunakan proses fisika, seperti penguapan dan menggunakan reaksi kimia. Proses-proses ini dilakukan di pabrik yang disebut dengan Chemical plants.

16. An Nahl
12. Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami (nya),
13. dan Dia (menundukkan pula) apa yang Dia ciptakan untuk kamu di bumi ini dengan berlain-lainan macamnya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang mengambil pelajaran.


Mengekstrak Garam

Unsur-unsur yang membentuk garam -sodium dan klorine- biasanya digunakan untuk membuat cat, sabun, pupuk, deterjen dan kertas. Garam dikumpulkan dengan menguapkan air dari solusi garam. Di negara-negara panas, airlaut ditambak pada area yang luas, dibiarkan agar air laut menguap dan yang tertinggal adalah garam.

Memisahkan Garam dan Air

Pada chemicalplant yang sangat besar, dalam sebuah proses yang disebut elektolisis, sebuah arus listrik dilewatkan melalui airgaram (konsentrat air dan garam). Proses ini akan memisahkan airgaram menjadi unsur-unsurnya(bagian-bagiannya). Klorine dari garam dan hidrogen dari air dilepaskan. Ion-ion Sodium dan hidroksida tertinggal dibawah, sebagai sodium hidroksida. Alkali ini digunakan untuk membuat sabun, kertas dan beberapa pigmen. Klorine digunakan untuk membuat plastik, dan hidrogen untuk membuat pupuk.

Membuat Pigmen

Banyak pigmen dibuat menggunakan sodium hidroksida. Pigmen adalah senyawa berwarna (campuran kimia) yang tidak larut dalam air. Pigmen adalah bubuk halus yang dicampur perlahan untuk mewarnai cat dan tinta print. Campuran disaring, dikeringkan dan dilumat menjadi bubuk halus dengan penggilas berat.

Memproduksi Cat

Untuk membuat cat, pigmen dicampur dengan cairan lengket yang disebut binder(pelekat) dalam wadah yang sangat besar. Bahan kimia yang disebut wetting agent diaduk dengan sebuah mesin yang memiliki bilah yang berputar. Wetting agent membuat cat mengalir dengan mudah. Aircat menggunakan air sebagai wetting agent. Kilauan cat menggunakan sebuah bahan kimia yang disebut white spirit. Saat sebuah objek dicat, wetting agen terlarut dan binder (pengikat) mengeras.

Petrokimia

Minyak mentah adalah cairan hotam kental yang ditemukan dibawah tanah atau dasar laut. Setiap tetes minyak mengandung ratusan senyawa hidrokarbon (hodrogen dan karbon), yang disebut petrokimia. Ahli kimia memisahkan hidrokarbon berbeda menjadi bagian-bagian kecil dengan memanaskannya pada sebuah penyulingan minyak. Ribuan produk dibuat dari hidrokarbon.


Farmasi

Industri farmasi/boat membuat ribuan obat untuk membantu mencegah dan memerangi penyakit. Ahli kimia membuat substansi sintetik dalam sebuah laboratorium dengan menargetkan penyakit-penyakit spesifik. Substansi tersebut dibuat secara tidak alami dengan panas dan reaksi kimia. Setelah melewati berbagai tes uji coba, substansi tersebut dibuat menjadi obat.

Riset dan Pengembangan

Sebuah riset kimia diperagakan molekulnya dalan komputer. Komputer ini memiliki database yang besar yang meyimpan bagaimana atom berikatan dan bereaksi satu sama lainnya. Ini membantu ahli kimia untuk memperagakan sebuah molekul yang memiliki bentuk dan struktur yang lebih tepat untuk berinteraksi dengan bahan kimia di dalam tubuh kita. Ahli kimia ini memiliki pengetahuan yang mendalam terhadap berbagai macam penyakit dan bahan-bahan kimia penyusun tubuh.

Membuat Obat(medicine)

Ahli kimia mengkombinasikan dan menguji ribuan molekul untuk membuat senyawa sebagai bahan penyusun obat baru. Ahli kima membuat dan menguji senyawa-senyawa dalam jumlah kecil dalam waktu tiga tahun uji coba laborat. Senyawa yang menunjukan hal yang menjanjikan dan melewati uji aman, kemudian diujikan pada orang dalam waktu lima tahun di klinik ujicoba.

Memproduksi Obat(drug)(ala modern)

Setelah uji klinik, senyawa yang paling sukses dapat mengobati penyakit dikembangkan menjadi obat baru. Tablet atau kapsul adalah cara yang berguna untuk mendistribusikan obat karena mudah untuk disimpan dan dibawa. Beberapa kapsul memiliki lapisan gelatin yang larut dalam lambung, melepaskan obat.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini