Cara Mudah Menentukan Arah Kiblat

Advertisemen
Arah kiblat shalat adalah menghadap ke Ka'bah. Namun bagi yang tidak dapat melihatnya maka para ulama menjelaskan cukup untuk menghadap ke barat bagi orang yang berada di sebelah timur, menghadap selatan bagi yang berada di Utara Masjidil Haram dst.

Perkembangan sains dan teknologi, membuat para ilmuwan melakukan daya upaya agar dapat menentukan arah kiblat yang tepat. Di era teknologi modern ini, setelah banyak terbukanya pengetahuan tentang jagad semesta ini, kita dapat lebih mudah lagi menentukan arab kiblat yang pas ke arah Kiblat.

Bagaimana Cara Mudah Menentukan Arah Kiblat

Cara termudah untuk menentukan arah kiblat adalah dengan melihat posisi matahari. Dengan hanya melihat posisi matahari pada waktu-waktu tertentu kita bisa langsung dapat menentukan arah kiblat. Dengan cara ini orang awam dalam perhitungan pun bisa melakukannya.

Setiap tanggal 28 Mei pada pukul 16.18 WIB(GMT+7: Indonesia), menurut ahli astronomi posisi matahari tepat di atas mekah. Sehingga dengan melihat posisi matahari pada waktu tersebut otomatis merupakan arah kiblat. 

Akan tetapi tentunya ada batas-batas geografi tertentu yang tidak dapat melakukan cara ini, karena saat waktu tersebut ada daerah tertentu yang tidak lagi bisa melihat matahari. Seperti daerah NTT pada waktu tersebut telah malam sehingga tidakmungkin melihat posisi matahari.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini