Sejarah Islam Lengkap (Online)

Diposkan oleh Islam Wiki

Sejarah Islam adalah sejarah peradaban umat manusia yang telah mengubah keadaan dunia ini. Dari seorang manusia yang diutus oleh Allah dan berkat bimbinganNya, dengan waktu yang cukup singkat dia mampu meletakan pondasi sebuah peradaban Agung. Oleh karenanya, kita sebagai umatnya sendiri, seharusnya juga perlu untuk mengetahui bahkan memahami akan sejarah agama kita sendiri. Sungguh ironi jika kita begitu memahami sejarah-sejarah peradaban barat, namun sejarah peradaban yang dibangun atas dasar agama sendiri malah acuh tak acuh.


Sudah sepatutnya kita sebagai umat Islam untuk mempelajari pula sejarah agama Islam secara utuh. Kita berterima kasih kepada negeri paman Sam alias AS, karena telah membangun sebuah teknologi yang dapat memberikan banyak kemudahan dalam menyebarkan informasi ke seluruh dunia. Meskipun, disisi lain akibat ketidaksiapan kita dalam menghadapi "tajamnya" teknologi ini, sehingga kita juga terkena luka (dampak negatif internet). Dengan adanya internet, kita bisa dengan mudah mendapatkan berbagai macam sumber informasi dan salah satunya adalah tentang sejarah Islam dan peradabannya. 

Salah satu situs yang cukup intens dalam menyebarkan keilmuwan Islam adalah mediaisnet. Salah satu konten yang disuguhkan adalah tentang sejarah Islam, yang merupakan tulisan (buku) karya Muhammad Husain Haekal dalam bahasa arab, kemudian diterjemahkan  oleh Ali Audah dengan judul Sejarah Hidup Muhammad.

Di mediaisnet.com ditayangkan secara komplit tulisan tersebut, dimana isinya sebenarnya adalah membahas sejarah Islam dengan cukup lengkap. Pembahasan dimulai dari Prakata yang berisi masalah lingkungan Islam dan berbagai permasalahan antara muslim dan kristen.

Pada bab-bab selanjutnya dijelaskan mengenai hal-hal yang bersangkut-paut dengan orientalisme. Di sini penulis memberi pandangan-pandangannya tentang berbagai argumen-argumen para orientalis tentang sejarah Islam yang kebanyakan bertujuan untuk meruntuhkan ajaran Islam.

Setelah itu, barulah masuk kepada pembahasan utama mengenai sejarah islam itu sendiri.  Sebagaimana para penulis sejarah Islam lainnya, pembahasan tidak hanya dimulai saat Muhammad saw lahir, namun jauh sebelum itu yaitu dibahas tentang asal-usul peradaban di mana sang Rasul itu hidup yaitu sumber peradaban wilayah Arab dan sekitarnya.

Itu adalah sedikit gambaran yang dibahas dalam sejarah Islam. Untuk memulai membaca dan memahami sejarah islam, langsung saja kunjungi mediaisnet.com