'

Dampak Positif Internet Dalam Bidang Pendidikan Dan Ekonomi

Diposkan oleh Islam Wiki

Internet adalah sebuah teknologi yang tidak beda dengan teknologi lainnya yang telah ditemukan oleh manusia. Internet memiliki dua mata pisau, atau dengan kata lain memiliki dampak positif dan negatif. Dampak internet bagi manusia kembali lagi bagi pemakainya. Sama halnya jika kita memegang sebuah pisau. Bagi seorang koki pisau menjadi alat untuk membuat masakan yang lezat, sedangkan bagi seorang pembunuh lain lagi kegunaannya.

Bagi sebagian orang, internet sangat memberikan dampak positif bagi dirinya. Sedangkan bagi sebagian lainnya malah berefek negatif. Ada orang yang ekonominya membaik berkat menggunakan internet untuk membantu kelancaran bisnisnya, namun ada juga perusahaan yang menjadi menurun efektifitas kerjanya karena banyak karyawan yang membuang-buang waktunya hanya untuk bermain game online atau curhat dan narsis di media sosial.  Ada pelajar yang semakin luas wawasan dan ilmunya karena memanfaatkan internet untuk mencari dan menambah wawasan ilmunya. Ada juga pelajar yang malah tertipu karena memanfaatkan media sosial online dengan cara yang salah. Kita sering mendengar siswa diculik lantaran bermain media sosial. 

Walaupun memiliki dampak negatif, namun sisi positifnya lah yang harus selalu diingat agar internet benar-benar menjadi alat yang berguna bagi peradaban manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat internet dalam bidang Pendidikan-ekonomi yang sempat terpikirkan oleh penulis.

A. Bidang Pendidikan

Jika kita menilik internet dari asalnya (yaitu Amerika), internet telah mereka gunakan untuk mengoptimalkan bidang pendidikan. Begitu banyak situs yang mengusung konten seputar ilmu pengetahuan. Misal, situs factmonster yang memberikan konten berupa ensiklopedia lengkap ilmu pengetahuan tetapi dengan segmen sekolah dasar, sehingga dapat menjadi rujukan bagi siswa-siswi sekolah dasar. Masih banyak lagi lainnya seperti edugame online, situs dengan konten tata cara melakukan uji-coba kimia-fisika dan masih banyak tema lainnya. 

B. Bidang Ekonomi

Dalam bidang yang satu ini, tak perlu lagi bukti. Sudah banyak anak negeri ini yang mampu meraup puluhan juta dengan memanfaatkan internet. Pemasaran online telah menjadi trend di abad ini. Dengan internet hanya dengan duduk di depan komputer dapat memesan barang secara online, sehingga dapat menghemat ongkos perjalanan  bagi konsumen. Bagi penjual dengan adanya jual-beli online, tak perlu menyediakan toko yang mewah.