Skema Proses Ibadah Haji

Diposkan oleh Islam Wiki
Bulan-bulan ini (Zdulqa'dah), umat Islam disibukan dengan persiapan Ibadah Haji. Tidak hanya orang yang akan naik haji saja yang ikut sibuk, namun kerabat dan tetangga juga turut serta untuk mengucapakan selamat jalan dan mendoakannya agar ibadah hajinya mabrur. Bagi kebanyakan kita, prosesi iabadah Haji merupakan hal yang cukup rumit, sehingga sebelum pergi berhaji biasanya perlu dibekali pelatihan manasik haji. Butuh waktu yang cukup lama untuk latihan ini.

Bagi kita yang belum sempat dan belum berkemampuan untuk berhaji, mungkin kita masih sama sekali tidak terbayang bagaimana prosesi ibadah Haji itu. Untuk itu dibawah ini ada skema alur Ibadah Haji. Semoga bagan ini, dapat sedikit memberikan gambaran tentang masalah ini.

Dalam bagan gambar di bawah, adalah skema ibadah haji yang terbagi atas 3 macam: Tamattu', Qiran dan Ifrad. Muslim yang berhaji dapat memilih salah satunya sesuai kondisinya masing-masing. Namun yang paling dianjurkan adalah Haji Tamattu'.


skema manasik haji
skema manasik haji - (klik untuk memperbesar)

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang manasik atau proses ritual haji yang berlangsung dimulai dari pada tanggal 8 sampai 12 Dzulhijah, silakan untuk membaca tentang proses ibadah haji.