Artikel, Berita dan Opini Tentang Islam

MA'RIFAT KEPADA PARA NABI DAN RASUL



Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya".
(AlBaqarah: 136.)

Dalam buku-buku akidah dijelaskan bahwa Nabi dan Rasul yang tercatat yang wajib kita Iman ada 25, yaitu
ADAM, IDRIS, NUH, HUD, SHALEH, IBRAHIM, LUTH, ISMAIL, ISHAK, YAKUB, YUSUF, AYYUB, SU'AIB, MUSA, HARUN, ZULKIFLI, DAWUD, SULAIMAN, ILYAS, ILYASA, YUNUS, ZAKARIYA, YAHYA, ISA, MUHAMMAD.

Muhammad Sebagai Penutup Nabi dan Rasul.
Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu., tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Al Ahzab: 40)


RASUL ULUL 'AZMI
NUH, IBRAHIM, MUSA, ISA MUHAMMAD.

SIFAT PARA RASUL
Sifat wajib
- Sidiq (Baca Surat Maryam ayat 50)
- Amanah (Baca Surat Al A'raf ayat 68)
- Tablig (Baca Surat Yasin ayat 17)
- Fatonah (Baca Surat Al An'am ayat 83)

Sifat Mustahil
- Kizib/dusta
- Khianat
- Kitman
- Baladah

MUKJIZAT PARA RASUL
Mukjizat secara istilah adalah perkara yang diluar kebiasaan atau nalar yang ditampakan oleh Allah pada para Rasul sebagai pembenar atas dakwahnya yang membuat takjub seluruh makhluk. Sehingga yang dinamakan mukjizat hanyalah yang datang dari para rasul.




Share Ke Temenmu:
Kategori: Akidah Islam
Back To Top