Artikel, Berita dan Opini Tentang Islam

Inilah Penyebab Dunia Barat Sangat Maju



Dunia Islam mengalami kemandekan intelektual yang cukup parah saat dunia Eropa begitu pesatnya mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Akibatnya, selama 3 Abad dunia Islam dijajah oleh negeri-negeri eropa. Meskipun kini dunia Islam telah terlepas dari penjajahan (politik), namun secara kasat mata, sisa-sisa penjajahann kapitalisme masih bercengkerama kuat di dunia muslim. Akibat lemahnya ekonomi dunia Islam, sebagai akibat dari lemahnya Iptek, akhirnya secara tidak langsung politikpun masih terjajah. Masih banyak kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak terlepas dari campur tangan para kapitalis.

Pendidikan adalah faktor utama untuk melepaskan umat Islam dari keterpurukan

Sebagaimana ide Naquib al Attas, bahwa untuk mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di dunia Islam adalah melalui pendidikan. Pendidikan adalah faktor utama untuk melepaskan umat Islam dari keterpurukan. Dunia barat -pun sebenarnya telah lama sadar akan hal ini. Salah satu bentuk kesadaran negeri-negeri barat adalah, kesadaran mereka akan arti penting sebuah perpustakaan. Berikut ini adalah sekilas gambaran seberapa besarnya perpustakaan-perpustakaan yang telah dibangun di negeri-negeri barat. Menurut beberapa tulisan, perpustakaan-perpustakaan ini adalah yang terbesar di dunia.
perpustakaan terbesar lybrary congres
Library of Congres


1. Library of Congress
Library of Congress ini berada di Washington DC, Amerika Serikat. Library of Congress didirikan pada 1800. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 30 juta buku. Library of Congress muncul di film National Treasure 2.

2. Library of the Russian Academy of Sciences
Library of the Russian Academy of Sciences berada di St Petersburg, Rusia. Library of the Russian Academy of Sciences didirikan pada 1714. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 20 juta buku.

3. National Library of Canada
National Library of Canada terletak di Ottawa, Kanada. National Library of Canada didirikan pada tahun 1953. Perpustakaan ini memiliki stock lebih dari 18.800.000 buku.

4. German National Library
German National Library terletak di Frankfurt, Jerman. Ini didirikan pada tahun 1990. Perpustakaan saham ini lebih dari 18.500.000 buku.

5. Harvard University Library
Harvard University Library berada di Cambridge, MA, USA. Harvard University Library didirikan pada tahun 1638. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 13.100.000 buku.

5. British Library
British Library berada di London, Inggris. British Library didirikan pada 1753. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 16 juta buku.

6. Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences
Institute for Scientific Information Russian Academy of Sciences terletak di Moskow, Rusia. perpustakaan ini didirikan pada tahun 1969. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 13.500.000 buku.

7. Vernadsky National Scientific Library of Ukraine
Vernadsky National Scientific Library of Ukraine terletak di Kiev, Ukraina.Vernadsky National Scientific Library of Ukraine didirikan pada tahun 1919. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 13 juta buku.

8. New York Public Library
New York Public Library berada di Kota New York, NY, USA. New York Public Library didirikan pada tahun 1895. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 11 juta buku.



Share Ke Temenmu:
Kategori: Unik
Back To Top