Pelajaran Kimia Tentang Oksigen

Advertisemen

Apa sih Oksigen itu

Di bumi, oksigen adalah unsur yang paling banyak ditemukan dari pada unsur lainnya. Unsur ini tidak nampak, gas tidak berbau yang membentuk 21 persen dari udara. Oksigen ditemukan dalam air, mineral dan selalu pada semua makhluk hidup. Oksigen mutlak diperlukan untuk hidup. Biasanya molekul oksigen terdiri dari 2 atom oksigen, Ozon, terdiri dari tiga atom oksigen ditemukan di atmosfer. Oksigen bergerak melewati lingkungan via daur oksigen.


7. Al A'raaf
57. Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.
58. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.



Oksigen Untuk Kehidupan

Penyelam mengenakan sebuah SCUBA (Self-contained underwater breathing apparatus), sehingga mereka dapat bernafas dalam air. SCUBA terdiri dari sebuah tabung silinder yang berisi udara yang dikompresi, yang dibawa oleh penyelam dipunggungnya. Udari dikompres dalam silinder untuk menaikan jumlah udara yang dapat dibawa oleh penyelam. Penyelam bernafas dengan regulator, yang menguangi tekanan udara saat keluar dari silinder.

Daur Oksigen

Pada semua makhluk hidup, termasuk manusia, selalu butuh oksigen untuk bertahan hidup. Baik tumbuhan maupun hewan mengambil oksigen dari sekitarnya untuk meneluarkan energi. Tumbuhan dan hewan bawah air tidap dapat menggunakan oksigen di udara - tetapi mereka menggunakan oksigen yang terlarut dalam air. Daur oksigen terus menenerus mengedarkan oksigen lewat lingkungan, sehingga oksigen selalu ada untuk makhluk hidup.

Perubahan Oksigen

Tumbuhan mampu menggunakan energi cahaya matahari untuk merubah karbondioksida (CO2) dan air (H2O) menjadi karbohidrat dan oksigen dalam sebuah proses yang disebut dengan fotosintesis. Oksigen ini diambil oleh tumbuhan dan hewan untuk menyediakan energi, mengahasilkan karbondioksida dan air. Proses ini disebut Respirasi.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini