Artikel, Berita dan Opini Tentang Islam

Landasan Dasar Mengkaji IPTEK Bagi Muslim

Link Iklan Dari Google

Dasar utama seorang muslim dalam menjalani kehidupan di dunia ini adalah Al Quran. Setiap tindakan yang dilakukan seharusnya selalu berlandaskan pada Al Qur'an. Begitu pula seharusnya dalam mengkaji Ilmu pengetahun dan teknologi juga harus berlandaskan pada Al Qur'an.

Banyak sekali ayat dalam Al Qur'an yang menyinggung tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Allah SWT melalui Al Qur'an menyuruh manusia untuk membaca, menulis dan melakukan penelitian dengan dilandasi iman dan takwa. Tujuan utamanya tidak lain adalah supaya manusia benar-benar meyakini kebesaran-Nya.

Berikut ini adalah terjemahan ayat-ayat Al Quran yang secara langsung meupun tidak menyuruh manusia untuk mengaji isi alam semesta.

10. Yunus
101. Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman."

88. Al Ghaasyiyah
ANJURAN MEMPERHATIKAN ALAM SEMESTA
17. Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan,
18. Dan langit, bagaimana ia ditinggikan?
19. Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan?
20. Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?

51. Adz Dzaariyaat
49. Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.


67. Al Mulk
3. Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?
4. Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam keadaan payah.

55. Ar Rahmaan
33. Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.


12. Yusuf
109. Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang laki-laki yang Kami berikan wahyu kepadanya diantara penduduk negeri. Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memikirkannya?

27. An Naml
64. Atau siapakah yang menciptakan (manusia dari permulaannya), kemudian mengulanginya (lagi), dan siapa (pula) yang memberikan rezki kepadamu dari langit dan bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)?. Katakanlah: "Unjukkanlah bukti kebenaranmu, jika kamu memang orang-orang yang benar."

LANDASAN UTAMA PENGKAJIAN ILMU
96. Al 'Alaq
1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah,
4. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Link Iklan Dari Google


Share Ke Temenmu:
Kategori: IPTEK
Back To Top