Translate To Your Language

Perbedaan Akhlak, Etika dan moral

Diposkan oleh Islam Wiki
Seringkali dalam pengungkapan banyak tulisan antara akhlak, etika dan moral tidak dibedakan. Bahkan cenderung menyamakan maksud antara ketiganya. Akan tetapi sebenarnya, pada dasarnya ketiga istilah tersebut memiliki perbedaan( selain dari asal katanya), yaitu :

- Akhlak tolak ukurnya adalah Alquran dan AsSunah
- Etika tolak ukuranya adalah pikiran/akal
- Moral tolak ukurnya adalah norma yang hidup dalam masyarakat

Implikasinya adalah ketika seseorang mengatakan perihal akhlak maka yang menjadi pertimbangan mana yang baik dan mana yang buruk sumbernya adalah Al-Qur'an dan Sunnah. Ketika seseorang mengatakan atau menyebutkan perihal Etika maka yang menjadi standar apakah hal itu baik dan buruk adalah akal/pikirannya (sehingga kata etika ini lebih sering muncul dalam kaitannya dengan ilmu filsafat. Kemudian ketika seseorang berbicara tentang moralitas manusia maka yang menjadi dasar adalah suatu tatanan norma yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.

Dari hal itu jelas terlihat perbedaan antara masing-masing pengertian kata tersebut. Etika dan moral biasanya hanya mengatur tingkah laku antara manusia yang satu dengan yang lainnya, sedangkan Akhlak Islamiyah tidak sebatas itu, namun juga mengatur tentang hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa