Biografi Ulama: Imam Abu Hanifah

Advertisemen
Ia adalah pendiri madzhah Hanafi, beliau dilahirkan di Kuffah pada tahun 80 H, dengan nama lengkap Abu Hanifah An Nu’man bin Tsabit bin Zufiat al Tamimi. Keluarga beliau adalah keluarga pedagang, tetapi beliau sejak kecil sangat rajin menpelajari ilmu Al Qur’an, Hadist dan Fikih. Beliau belajar kepada Anas bin Malik, Abdullah bin Auf, Abu Thufail, Humad bin Abu Sulaiman, setelah guru-gurunya wafat beliu mulai mengajar di Kufah.

Yang menonjol dari fiqh imam Abu Hanifah ini antara lain :
1. Sangat rasional, memintingkan maslahat, dan manfaat
2. Lebih mudah dipahami daripada mazhab yang lain
3. Lebih liberal sikapnya terhadap dzimmi(warga negara nonmuslim)

Hal ini dapat dipahami karena cara beristinbat Abu Hanifah selalu memikirkan dan menperhatikan apa yang ada dibalik nash yang tersurat yaitu illat-illat dan maksud-maksud hukumnya. Sedangkan untuk masalah –masalah yang tidak ada nashnya beliau mengunakan qiyas, istihsan, Urf.

Kitab yang dinisbatkan pada beliau adalah Fiqh al Akbar, al Alim Al Muta’alim, dan Musnad , sedangkan kitab-kitab yang ditulis oleh murid-muridnya diantaranya al Jami al Shahir, al Jami’ al Kabir dan lain-lain.

Madzhab Hanafi banyak dianut umat islam di Pakistan, India, Afganstan, Turki, Asia Tengah, Mesir, Brasil, dan Amerika Latin.

Daftar Pustaka
Djazuli, Prof. H. A, Ilmu Fiqh, Pengalian, perkembangan, penerapan hukum Islam, Prenada Media, Jakarta, 2005
Abdul Wahab Khalaf, Khulasoh Tarikh al Tasrik al Islami, Dar al Alawy Indonesia, Tampa tahun
Drs. Zarkasi Abdul Salam, Drs. Oman Faturrohman SW, Pengantar Ushul Fuqh 1 LESFI, Yogyakarta,1994
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini