Kategori Nafsu Manusia - Akhlak Islam

Advertisemen

Kategori Nafsu

Kita sering mendengar jika menuruti hawa nafsu pasti kita akan masuk neraka, akan menjadi orang paling celaka di akherat, lalu pertanyaan apakah semua nafsu itu jelak? Nafsu merupakan bagian dari organ rohani yang dapat menpengaruhi kehidupan manusia. Nafsu mengeluarkan intsruksi untuk berbuat atau tidak, sehingga nafsu merupakan komponen dalam rohani yang sangat mempengaruhi kehidupan, dan nafsu dapat dikategorikan menjadi delapan :

1. Nafsu Amarah

Adalah jiwa yang belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, belum memperoleh tuntunan, belum bisa menentukan mana yang bermanfaat dan yang membawa mafsadat, tetapi kebanyakan nafsu kategori ini menbawa ke hal-hal yang tiada patut, seperti berkhianat, tidak mau menerima saran dan kritik dari orang lain, ia gemar menerima bisikan syaithan  untuk mencapai tujuannya.

2. Nafsu Lawwamah

Adalah jiwa yang telah menpunyai rasa insaf dan menyesal sesudah melakukan suatu pelangaran, ia tidak berani melakukan secara terang-terangan dan tidak pula mencari cara kegelapan melakukan sesuatu, karea telah sadar akibat perbuatannya. Sayang sekali ia belum mampu mengekang nafsu jahatnya, oleh karena itu ia masih dekat dengan perbuatan maksiat dan mafsadat.

3. Nafsu Muawwalah

Adalah jiwa yang telah dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, walaupun baginya mengerjakan yang baik sama halnya mengerjakan yang buruk. Ia melakukan keburukan tidak berani secara terang-terangan tetapi secara sembunyi-bunyi, karena dalam dirinya telah timbul sifat malu, sifat malunya bila dilihat oleh orang-orang

4. Nafsu Mutmainah

Adalah jiwa yang teah mendapatkan tuntutan dan pemeliharaan yang baik. Ia mendatangkan ketenangan jiwa, melahirkan perbuatan yang baik, memelihara dari sifat-sifat yang tercela, dan mendorong perbuatan yang baik dan pada intinya nafsu ini menjelma menjadi maslahat pribadi dan kepentingan kolektif.

5. Nafsu Mulhamah

Adalah jiwa yang menperoleh ilham dari Allah, dikarunia ilmu pengetahuan, dihiasi oleh akhlakul mahmudah , ia merupakan sumber sabar, sukur, dan ulet.

6. Nafsu Raadliah 

Adalah jiwa yang ridha kepada Allah mempunyai status yang baik dalam kesejahteraan , mensyukuri nikmat, qana’ah atau merasakan apa yang ada.

7. Nafsu Madliyah 

Adalah jiwa yang diridhoi oleh Allah, keridhaan senantisa diberikankanNya berupa senantiasa berzikir, ikhlas, mempunyai karamah , dan memperoleh kemuliaan.

8. Nafsu Kamilah 

Adalah jiwa yang telah sempurna bentuk dasarnya, sudah terkategorisasi cakap untuk mengerjakan irsyad dan menyempurnakan ikmaal terhadap hamba Allah.

Nafsu dikategorikan menjadi delapan lalu kita tinggal pilih yang ada di diri kita apakah kita termasuk dalam kategori satu atau dua dst.., tetapi hal itu nggak penting yang penting kita mau berusaha untuk menjadi yang paling terbaik di mata Allah , Allah Maha Tahu. 
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini