Rekayasa Sosial Untuk Pemuda Muslim - review buku

Advertisemen


oleh: Abdur Rahman Shaban Alfa

Jika Anda ingin menghancurkan sebuah bangsa dan menghancurkan masyarakat, maka rusaklah masa muda mereka dan demikian juga sebaliknya. Bahwa jika Anda ingin membangun bangsa dan jika Anda ingin menaklukkan masyarakat dan Anda ingin maju, bekerjalah pada pemuda; dengan menberdayakan pemuda - Abu Husnayn Murtaza Khan (Inggris Pengkhotbah berbasis Islam) 

PENDAHULUAN 


Penulis  Muslim Ghana adalah komoditi yang sangat langka, meskipun berbangga diri sebagai Muslim dengan 1001 intelektual berserakan di seluruh berbagai bidang lapisan masyarakat, baik itu dalam politik, bisnis, olahraga, akademisi, media dll 

Buku dalam tinjauan penilaian masa lalu, menempatkan masa kini ke dalam perspektif yang benar dan  mengintip ke masa depan bagian yang sangat halus dan penting dari penduduk - yaitu kaum muda, lebih khusus Pemuda Muslim. 

Itu terjadi pas dalam novel pertama  dari penulis, Sheikh Zagoon-Sayeed Haruna. Hal ini tanpa diragukan berkontribusi yang berharga bagi akademisi Islam, dengan fokus pada masa depan agama di Ghana. 

Buku itu menyentuh untuk bagian yang lebih baik, pemuda Muslim di berbagai tingkat eselon sosial baik itu secara politik, akademis, sosial, ekonomi, hubungan kekeluargaan dan mengintip ke dalam pembangunan pemuda, toleransi beragama di antara sejumlah isu lainnya. "

KETEPATAN WAKTU DARI BUKU

Tanpa ragu, Quran berdiri sebagai literatur yang benar yang telah berdiri dalam ujian waktu. Hal ini tepat digambarkan dengan demikian sebagai prediksi yang untuk benar masa lalu, tepat untuk masa depan dan dengan perkiraan terbaik untuk masa depan. 

Buku yang sedang ditinjau ini datang pada waktu yang sangat tepat, ketika sebagian besar pembicaraan tentang bagaimana pemuda Muslim membutuhkan perombakan total di berbagai bagian pesawat sosial. Langkah-langkah di luar buku bicara ke masalah konkret dan solusinya. 

Buku dalam porsi yang sangat besar mengutip Quran dan Sunnah (tradisi Nabi Muhammad - Semoga Allah meninggikan menyebutkan nya), penulis membuka literatur lain yang relevan secara lokal dan internasional. Ia menangkap kebutuhan pemuda di semua titik sejarah dan lebih lagi pada zaman sekarang. Pemuda misalnya merupakan bagian penting dari misi Nabi Muhammad - penyebaran kebenaran dan pertempuran melawan kepalsuan  1433 tahun yang lalu. Hari ini, pemuda telah menjadi begitu penting bahwa pemerintah di seluruh dunia telah melakukan upaya teliti untuk membawa pemuda di papan pengembangan dan kereta dengan mengembangkan mereka untuk tanggung jawab kepemimpinan masa depan. 

Begitu pentingnya pemuda bahwa ada posisi nasional dari organisasi pemuda di hampir semua partai politik, sebuah pengakuan diam-diam akan pentingnya pemuda dalam organisasi politik dan aktivisme.

BAB 1, 2, 3 & 4

Dalam empat bab pertama, penulis secara efektif dan ekstensif memperlakukan Islam dan Pemuda, sebelum membahas pemuda dan peran yang mereka mainkan dalam pembangunan bangsa, ia memulainya pada pemuda Muslim kontemporer, dan mengemukakan tantangan raksasa yang menghadang mereka.

Lebih lanjut ia melanjutkan dengan membuat kasus yang kuat untuk perubahan sosial menggunakan kata; rekayasa ulang sosial seperti yang digunakan oleh almarhum Dr Ahmed Issaka dari University of Ghana, Sekolah Bisnis, seorang Muslim termasyhur di zaman kita (semoga Allah merahmati nya jiwa).

Dia menantang  tugas pemuda untuk menantang status quo relatif untuk mengambil posisi kepemimpinan, sementara memperingatkan mereka untuk tidak lupa agar sesuai orang yang sudah dalam kepemimpinan karena mereka; menggarisbawahi kebutuhan untuk ko-eksistensi damai antara struktur kepemimpinan dari segala usia.

Bab tiga menempatkan fokus apa yang penulis sebut "Tragedi Multiple" khas dari pemuda Muslim: faktor-faktor penyebab tragedi ini ia mengidentifikasi antara lain adalah; kurangnya Model Peran Muslim, kelalaian orang tua, kurangnya bimbingan dan konseling, kepemimpinan kekurangan pelatihan dan tidak adanya mencolok dari strategi kebijakan pemuda.

Dia transit ke bab empat dengan 'Kebutuhan Untuk Perubahan Sosial' di mana ia menguraikan langkah-langkah untuk mengekang tragedi ganda dalam generasi mendatang dan selanjutnya mengurangi beban tragedi bahwa pada tanaman saat pemuda Muslim.

Solusi-nya  sederhana dan langsung ke titik. Tanggung jawab orangtua, Kesatuan umat ditambah Kepemimpinan Proaktif dan kohesif harus mampu memikul upaya raksasa dalam rekayasa ulang sosial bagi masa depan agama di Ghana.

Dalam bab kelima, ia menekankan solusi yang biasanya akan telah diabaikan dan paling diharapkan dalam masyarakat muslim laki-laki yang dominan saat ini, ia mengidentifikasi ibu Muslim adalah penting untuk pemuda Muslim kuat dalam segala hal.

Dia juga mengambil dua bab berikutnya untuk ditaruh di bawah sorotan isu hubungannya dengan pemuda Muslim dan kekerasan berbasis gender dan berhubungan langsung kebutuhan mendesak untuk toleransi beragama antar dan intra menjadi nilai inti dari pemuda Muslim.

Dalam bab kedelapan, ia memperbesar pada pemuda dan peran mereka dalam Islam (dakwah), di siniLAH tugas kaum Muslim muda untuk sebanyak mungkin 'mencerahkan sudut' di mana mereka, dan dengan demikian mengirim pesan positif untuk non-Muslim.

Yang terakhir-tapi-satu dan bab terakhir dari buku ini agak terikat, sedangkan kesembilan melebar pada pendidikan (sekuler dan Islam) dan pengembangan kepribadian pemuda, bagian pertama dari bab terakhir menangkap peran pemimpin muda Muslim dalam mendorong pembangunan.

Bab terakhir juga pada topik sensitif kesehatan reproduksi seksual, mengingat besarnya bencana Virus Defisiensi imun Manusia dan petugas nya mengakuisisi imun Deficiency Syndrome HIV / AIDS, ia menyisihkan ruang untuk berurusan dengan subjek relatif pada pemuda Muslim dan melalui kaca mata Islam.

TITLE: A Case of Social Reengineering for the Muslim Youth
Author: Sheikh Zagoon Sayeed Haruna
Chapters: 10
Pages: 167
ISBN No: 978-9988-1-5080-8

Sumber Terjemahan:http://www.ghanaweb.com/GhanaHomePage/NewsArchive/artikel.php?ID=240540

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini