Pengantar Kimia Organik

Advertisemen

Apa itu Kimia Organik

Pembelajaran mengenai semua senyawa yang mengandung karbon disebut dengan Kimia organik. Atom karbon itu unik. Atom karbon dapat saling berkombinasi untuk membentuk molekul yang mengandung ratusan bahkan ribuan atom karbon. Ada banyak senyawa karbon yang mecampurkan unsur lainnya menjadi satu. Teknologi Karbon menggunakan senyawa karbon untuk membuat berbagai peralatan modern, dari interior pesawat sampai pengobatan.


31. Luqman
20. Tidakkah kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin. Dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa Kitab yang memberi penerangan.


Karbon Ada Dalam Semua Benda Hidup

Dari sayap kupu-kupu sampai kelopak bunga, semua benda hidup tersusun dari senyawa karbon. Semua proses yang terjadi pada benda hidup, seperti pencernaan, gerakan, dan pertumbuhan -adalah reaksi kimia yang melibatkan senyawa kimia. Itulah kemampuan karbon untuk membuat begitu banyak senyawa yang berbeda yang menghasilkan keanekaragaman hidup dibumi.

Senyawa Karbon

Banyak senyawa karbon yang mengandung beberapa unsur yang sama, tetapi dalam jumlah yang berbeda dan tersusun dalam susunan yang berbeda. Kebanyakan unsur-unsur penting yang berikatan dengan karbon adalah hidrogen, oksigen dan nitrogen. Atom karbon dapat membentuk rantai dari hanya karbon dan hidrogen yang disebut dengan Hidrokarbon. Keduanya juga dapat membentuk cincin karbon.

Metana adalah suatu hidrokarbon yang mengandung satu atom karbon yang berikatan dengan empat atom hidrogen. Awalan 'Meth (Met)', digunakan untuk menyebut senyawa yang molekul-molekulnya hanya mengandung satu atom karbon. Metana adalah gas alam. Metana biasa digunakan pada pemanas domestik.

Gas butana adalah hidrokarbon yang sedikit lebih rumit dari metana. Butana mengandung 4 atom karbon dan 10 atom hidrogen. Imbuhan Awal 'but' selalu untuk menyebut senyawa yang molekulnya mengandung 4 atom karbon dalam satu rantai.
Sebuah molekul benzena tersusun dari sebuah cincin dari 6 atom karbon, setiap karbon berikatan dengan 1 atom hidrogen. Gas ini digunakan untuk membuat zat pewarna dan pigmen. Senyawa yang molekulnya terusun dari cincin karbon disebut aromatics yang memiliki bau harum.

Alkohol dan Ester

Sebuah senyawa karbon yang disebut Ester memberi sebuah apel aroma/bau yang khas. Ester adalah cairan yang manis, berbau buah dan larut dengan cepat. Ester terbentuk ketika alkohol bereaksi dengan asam. Alkohol dan ester mengandung atom karbon, hidrogen dan oksigen.

Teknologi Karbon

Industri karbon adalah salah satu industi besar dan penting karena begitu banyak produk yang mengandung senyawa karbon. Teknologi karbon sangat penting sekali dalam porduksi obat-obatan, cat, tekstil sintetik, perasa makanan, plastik, kosmetik dan lem. Bahan mentah yang merupakan bahan dasar dari produk-produk tersebut datang dari batubara, minyak mentah, dan gas alam.

Sepeda balap biasanya terbuat dari karbon fiber karena kuat dan ringan dan dapat dicetak menjadu bentuk yang rumit. Karbon fiber dianyam menjadi lembaran kemudian dipotong dan dilapisi dalam cetakan. Bagian yang telah dicetak diisi dengan bahan kimia yang disebut resin dan dipanggang dalam oven untuk membentuk bahan karbon fiber yang ulet dan keras.

Berbagai obat baru, dibuat untuk mengobati penyakit tertentu dengan mengkombinasikan senyawa (karbon) organik dengan cara baru. Beberapa strukturnya sama dengan senyawa yang ditemukan secara alami dalam tubuh kita atau dalam tumbuhan. Obat baru, menjalani serangkaian tes untuk menjamin obat baru tersebut tidak mengandung efek beracun.

Pigmen cat dan zat pewarna yang mewarnai baju kita, kebanyakan adalah senyawa organik. Pigment melapisi permukaan suatu bahan. Zat pewarna berikatan dengan tekstil yang diwarnai. Molekul dari pigmen dan zat pewarna selalu mengandung banyak cincin-cincin atom karbon.

Semua plastik adalah senyawa organik, yang dibuat dari daurulang plastik atau dari produk berbahan batubara, minyak dan gas alam. Dari tas jinjing sampai kursi plastik, ringan dan mudah dibuat. Molekul-molekulnya tesusun dari rantai panjang dari atom karbon yang disebut dengan Polymers.

Karbon Fiber

Polycrylonitrile (PAN) dipanaskan sampai 3.000 'C untuk membuat filamen tipis dari karbon fiber. Bahan ini antibakar dan limakali lebih ringan dari baja, dan dua kali lebih kuat. Karbon fiber memiliki banyak kegunaan, seperti dalam peralatan olahraga yang ringan, panel bodi mobil, pipa konstruksi dan pada sayap dan nose dari Pesawat ulang-alik.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini