Ap itu Benda Padat | Teori Kimia

Advertisemen
"2. Al Baqarah
74. Kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal diantara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. Dan Allah sekali-sekali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan.
"

Apa itu Benda Padat

Padat adalah satu dari wujud-wujud materi/benda, tidak seperti cairan dan gas, padat memiliki bentuk yang jelas yang tidak mudah untuk berubah. Benda padat yang berbeda memiliki sifat khusus seperti renggang, kuat atau keras yang membuatnya bermanfaat untuk kerja yang berbeda. Kebanyakan benda padat terbentuk dari dari kristal yang sangat kecil. Hal ini disebabkan karena partikel-partikelnya tersusun dari suatu pola yang beraturan, yang disebut struktur kristal.

Benda padat akan tetap bentuknya karena susunan partikelnya. Partikel-partikel benda padat dihubungkan oleh gaya yang kuat, yang menarik partikel menjadi rapat. Meskipun partikel-partikelnya dapat bergetar tetapi, partikel itu tidak dapat bergerak dengan mudah. Susunan ini yang menjelaskan kenapa benda padat biasanya tetap bentuknya dan selalu bersama.


Perubahan Bentuk

Beberapa benda padat dapat dipukul atau digencet menjadi bentuk yang berbeda tanpa patah atau pecah. Benda padat seperti ini dikenal sebagai materi/benda malleable. Benda padat lainya, seperti sebuah biskuit atau kaca, tidak akan melengkung ketika dipukul atau digencet, tetapi akan pecah, patah dan terbelah.


Logam "mengingat bentuk"

Logam ini dapat 'mengingat' bentuknya. Ketika benda ini dibawa pada temperatur tertentu, logam jenis ini dapat disetel ke suatu bentuk yang tidak dapat "dilupakannya'. Logam-logam jenis ini memiliki banyak kegunaan, salah satunya untuk memperbaiki tulang yang patah. Meskipun tulangnya bergerak, logam ini akan selalu kembali pada bentuk aslinya, dan membawa tulang kembali ke posisi yang benar.


LENTUR

Beberapa benda padat, seperti logam tembaga, dapat ditarik dan direnggangkan dengan mudah menjadi kawat kabel yang sangat tipis. Benda seperti ini dikenal dengan materi/benda lentur. Benda ini memiliki sifat lentur atau renggang karena partikel-partikelnya tidak ditahan dalam struktur yang kaku, tetapi disusun dalam baris yang dapat bergeser satu sama lain. Tembaga dapat dilenturkan menjadi benang yang ukurannya separuh dari ukuran rambut manusia, dan digunakan pada berbagai macam kabel, termasuk kabel telepon dan listrik.


Kuat

Beberap benda padat, seperti besi atau beton, susah untuk dipatah atau dipecah, meskipun digunakan untuk membawa beban yang berat. Hal ini dikarenakan partikelnya tersusun bersama dengan sangat kuat. Beberapa materi/benda dikatakan memiliki kekuatan yang tinggi dan digunakan untuk mengkonstruksi jembatan dan gedung. Kuat berbeda sifat dengan keras. Benda keras tidak bisa dibengkokan atau digores dengan mudah.

Skala Keras (MOH)
Keras adalah sebuah ukuran bagaimana sebuah materi/benda dapat dengan mudah digores. Skala Ke-keras-an (MOH) menyusun 10 mineral dari 1 samapi 10. Angka semakin besar, maka semakin keras mineral itu. Benda-benda lainnya ukuran kerasnya dapat dibandingkan dengan skala mineral-mineral berikut ini.

Tabel 1. MOhs Hardness Scale

Mineral Moh
Berlian 10
Corundum 9
Topaz 8
Quartz 7
Feldspar 6
Apatite 5
Fluorite 4
Calcite 3
Gypsum 2
Talc 1

Tembaga memiliki skala 2.5 Moh

Struktur Kristal

Kebanyakan benda padat, seperti besi, garam dan gula terbentuk dari kristal-kristal kecil. Partikel-partikelnya tersusun dalam bentuk 3 dimensi beraturan seperti kubus atau bentuk hexagonal. Tetapi tidak semua benda padat seperti ini. Partikel dari kaca misalnya, tidak tersusun dalam bentuk yang beraturan dan kaca juga tidak memiliki struktur kristal. Strukturnya tidak jelas (amorphous).

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini