Jangan Terkecoh, Inilah Area Masjidil Aqsha Yang Benar - Area Luas Di Kelilingi Tembok

Advertisemen
Masjidil Aqsha adalah Masjid ketiga umat Islam yang paling layak dijadikan untuk tujuan safar. Sebagaimana sabda Rasulullah:

Abu Hurairah mengabarkan bahwa rasulullah saw bersabda :"Tempat yang layak dijadikan tujuan safar hanyalah tiga masjid, yaitu; masjid ka'bah, masjidku (masjid nabawi) dan masjid Iliya (masjidil Aqsha). (shahih muslim 2476).

Masjidil Aqsha juga merupakan masjid kedua yang dibangun di muka bumi, sesuai dengan sabda Rasulullah saw.

"Dari Abu Zdar - dia berkata ,"Aku bertanya kepada Rasulullah saw tentang pertama kali masjid yang dibangun di muka bumi? 'Beliau menjawab , 'masjid alharam.' Aku bertanya lagi, 'Kemudian masjid apa? Beliau menjawab, ' masjid al-Aqsha.' Aku bertanya, 'berapa jarak (waktu pembuatan) antara keduanya?' Beliau menjawab, 'Empat puluh tahun, kemudian semua bumi bagimu adalah masjid, maka dimanapun waktu shalat mendapatimu, maka shalatlah." (shahih muslim 809).

Umat Islam disunnahkan untuk berziarah ke 3 masjid utama Islam yaitu Masjid Alharam, Masjid Nabawi dan masjid Al-Aqsha, dengan bersusah payah.

"Dari Abu hurairah Rasulullah saw bersabda, 'Janganlah kalian bersusah payah melakukan perjalanan jauh, kecuali ke tiga masjid. Yaitu; masjidku ini (masjid madinah/nabawi), masjidil haram dan masjid Al-Aqsha.' (shahih muslim 2475)

masjidil Aqsha - Haram Assyarif
Keseluruhan Komplek Haram As-Syarif adalah Masjidil Aqsha
Maka sudah menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaga ketiga masjid terpenting ini, salah satu caranya dengan menjadikan tujuan perjalanan saat berumrah dan Haji selain ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Kota Al-Quds (baitul Maqdis)

Berbicara tentang masjid Al-Aqsha tidak bisa lepas dari sebuah kota yang disebut Al-Quds, yaitu kota yang merupakan tempat berdirinya masjid al-Aqsha, yang disebut juga Baitul Maqdis atau Baitul Muqadassah. Untuk saat ini letak kota Al-Quds ini disebut dengan Kota Lama Al-Quds (The old City of Jerusalem).

peta wilayah baitul maqdis
Kota Tua Al-Quds - Baitul Maqdis

Kawasan ini dikeliling oleh tembok yang berada dalam kawasan Al-Quds Timur. Yang perlu kita ketahui saat ini adalah, bahwa kota Al-Quds sekarang telah diperluas dan dibagi menjadi dua yaitu AlQuds timur dan Al-Quds Barat.

Nah, Kota lama berada di wilayah Al-Quds Timur dan Masjidil Aqsha terdapat di dalam kota lama itu. Dari gambar terlihat, Masjidil Aqsha adalah area kotak di pojok kanan.

Masjidil Aqsha

peta masjidil aqsha
Kompleks Masjidil Aqsha

Masjidil Aqsha sendiri adalah sebuah area luas yang dikelilingi tembok tinggi yang disebut juga dengan Haram As-Syarif, yang dapat terlihat jelas dalam peta satelit atau foto dari atas. Saat ini, dari foto kita bisa melihat area Masjidil Aqsha terdiri dari beberapa bagian yaitu:

(silakan lihat fotonya pada bagian sidebar samping website ini)

1. Kubah Emas (Dome of Rock)
2. Masjid Qibli - sering disebut Aljaami' Al-Aqsha
3. Mushala Marwan

Sejarah Pembangunan Masjidil Aqsha masa Islam.

Pada waktu nabi melakukan Isra' Mi'raj, Masjidil Aqsha berada dalam wilayah kekuasaan Romawi kristren. Saat itu jangan dibayangkan kondisi masjid seperti saat ini.

Umat Islam baru dapat membebasakan kota Al-Quds (kota lama) pada masa khalifah Umar Bin Khatab. Saat Umar datang ke Al-Quds (Baitul Maqdis), diceritakan bahwa kondisinya agak kotor dan kurang terawat. Umar pun membersihkan dan membangun sebuah masjid sederhana di kompleks Al-Aqsha.

Kemudian..
Pada masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan dari Bani Umayah, dibangun beberapa bangunan di dalam kompleks Masjidil Aqsha.

1. Tahun 691 - Masjid Qubbah Al-Shakhrah (Kubah Batu) mulai dibangun di atas batu Mi'raj, berupa bangunan segi delapan berkubah emas yang selesai tahun 692 Masehi.

2. Malik bin Marwan juga membangun Masjid yang dikenal dengan Jaami' Al-Aqsha yang baru selesai dibangun pada masa pemerintahan anaknya yaitu Alwalid pada tahun 705 Masehi.

Masjid yang dibangun oleh Khalifah Marwan inilah yang sering menimbulkan kebingungan masyarakat, banyak yang mengira yang disebut Masjidil Aqsha hanyalah masjid ini (yang disebut juga masjid Qibli), padahal Area Haram As-Syarif (Temple Mount) itulah Masjidil Aqsha.
(Wallahu A'lam)

(sumber:elhooda.net dan filestin.wordpress.com)
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini