Pelajaran Fisika: Tekanan

Advertisemen

Pengertian Tekanan (Fisika)

Ketika kamu menggencet atau mendorong sesuatu, gaya yang kamu lakukakan disebut dengan tekanan. Tekanan adalah gaya yang digunakan dibagai dengan area yang terkena gaya. Jika kamu mengguankan sebuah gaya yang lebih besar, atau jika kamu menggunakan gaya yang sama pada sebuah area yang lebih kecil, kamu akan meningkatkan tekanan. Kita mengalami tekanan udara setiap saat karena berat udara menelan tubuh kita. Tekanan air akan semakin meningkat jika kamu menyelam semakin dalam di lautan.

Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.
(Q.S. Al An'am[6]: 125)

Tekanan Udara

Gas-gas di atmosfer bumi terbentuk dari molekul-molekul kecil yang secara konstan bertabrakan ke tubuh kita dan mencoba untuk menekan ke dalam tubuh. Tekanan ini disebut dengan tekanan udara. Tekanan terbesar pada level bawah dimana ada molekul-molekul udara terbanyak. Pada ketinggian yang lebih tinggi di atas bumi, hanya ada sedikit molekul-molekul udara dan sehingga tekanan udara lebih kecil. Hal yang mungkin untuk mengkompres (menekan) udara, dan ini digukanan untuk memompa ban-ban kendaraan dan untuk memberi tenaga pada mesin seperti bor pneumatic.

Tekanan Udara Pada Ban

Msein kontruksi berat memiliki ban-ban yang lebar untuk dua alasan. Air yang terkompresi di dalam ban membantu menyerap benturan, sehingga jalannya lebih halus dari pada jika menggunakan roda padat. Ban yang lebar untuk membantu menyebarkan berat mesin pada area yang lebih besar; Hal ini akan mengurangi tekanan pada tanah dan mencegah mesin tenggelam pada lumpur.

Tekanan Air

Air berbeda dengan udara ketika dibawah tekanan. air tidak bisa dikompres. Hal ini membuatnya bermanfaat untuk menyalurkan gaya pada mesin, yang menggunakan sebuah sistem yang disebut Hodrolik. Air juga lebih berat dari udara, dan Naiknya tekanan air yang mempengaruhi manusia lebih dari tekanan udara. Bahkan dengan alat pernafasan selam atau alat-alat pernafasan lain, masih terasa sulit untuk bernafas di bawah air. Air diatas mu menekan dari segala arah pada tubuh, sehingga paru-paru sulit untuk mengembang untuk mengambil udara. Semakin dalam menyelam, semakin banyak air diatas mu dan semakin besar tekanan kepada tubuhmu.

Semakin tinggi kita terbang, semakin sedikit udara yang ada di atmosfer, dan semakin dalam menyelam di lauran semakin banyak air yang menekan kita. Sehingga semakin tinggi di udara semakin kecil tekanan udara dan tekanan dari tubuh lebih besar dari udara di luar tubuh. Hal ini akan menimbulkan darah keluar dari tubuh.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini