Sifat Tercela: Ujub (Membanggakan Diri)

Diposkan oleh Islam Wiki
Ujub adalah rasa mengagumi diri sendiri serta membanggakan diri sendiri atau memuji diri sendiri karena menganggap dirinya lebih sempurna.  Seorang muslim dilarang untuk  merasa berbangga diri dengan merasa lebih dari orang lain. Rasa ujub jika dibiarkan akhirnya bisa menimbulkan penyakit hati seperti sombong dan dengki.

Dalam sejarah perjuangan Islam sendiri, akibat rasa ini (merasa lebih) telah membuat kalah pasukan muslim, hal ini telah diabadikan dalam QS. At Taubah ayat 25 yang artinya: "Sesungguhnya Allah telah menolong kamu (hai para mukminin) di medan peperangan yang banyak, dan (ingatlah) peperangan Hunain, yaitu diwaktu kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlah (mu), maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikitpun, dan bumi yang luas itu telah terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari kebelakang dengan bercerai-berai."

Beberapa hal yang biasanya menjadikan seseorang ujub adalah karena ilmunya, karena banyak hartanya, karena kekuatannya, karena ibadah dan karena kedudukannya.