Inilah Masalah mendasar yang perlu diatasi oleh Umat Islam

Advertisemen
Yang mendasar tetaplah masalah Ilmu, yang lain hanyalah akibat saja.

"Jika dicermati, perkembangan sains modern yang terjadi pada dua dekade terakhir, telah menempatkan tantangan yang harus dihadapi umat Islam. secara historis, peradaban Islam telah mampu menjawab tantangan-tantangan dimaksud, walau intervensi dan imperialisme barat sempat meluluhkan peradaban Islam.

Fenomena ini dapat dilihat dengan adanya intervensi budaya Barat yang mengangkat tema-tema pemikiran dan intelektual ke dalam masyarakat Islam dengan cara konfrontatif serta mengharuskan apa yang menjadi milik mereka sebagai sesuatu yang benar.

Disadari atau tidak, sebenarnya tantangan ini bermula dari landasan ilmu pengetahuan yang dengan segala konseptualisasinya telah membawa umat manusia kepada apa yang diingini dari landasan tersebut.

Adalah Naquib al Attas yang mengatakan: "Bagi saya, masalah yang dihadapi oleh umat Islam adalah masalah Ilmu, bukan masalah ekonomi, sosial, politik dan sebagainya.

Masalah selain ilmu hanyalah soal serpihan saja, yang tidak mendasar, dan timbul karena adanya masalah ilmu. Yang mendasar tetaplah masalah Ilmu, yang lain hanyalah akibat saja.

Maka kalau masalah ilmu ini tidak diatasi persoalannya akan berkepanjangan.

Di negara Islam, banyak orang mendapatkan ilmu dari information saja, bukan berdasarkan knowledge. Akibatnya mereka tidak bisa atau malas berpikir."

(dikutip dari Pengantar Penerbit Buku "MUKJIZAT AL QUR'AN dan SUNNAH tentang IPTEK" [GEMA INSANI PRESS, 1997 M])
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini