'

Takut Kepada Allah - Akhlak Terpuji

Diposkan oleh Islam Wiki
Rasa takut kepada Allah merupakan suatu kekuatan bantu terhdap suara hati yang juga membisikan kebenaran. Memang ada orang yang berakhlak mulia berdasarkan suara hati dan rasa perikemanusiaan. Ada juga yang berakhlak mulia karena mempercayai adanya hukum karma atau huku sebab akibat. Akan tetapi bagi orang yang beriman kepada Allah selian rasa perikemanusiaan, suara hati dan kepercayaan adanya hukum yang mendorongnya untuk berkhlak mulia, maka iman dan takwanya akan lebih mendorongnya dan memantapannya untuk berakhlak mulia. Mengapa kita harus takut kepada Allah? Bukankah Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Ynag mendorong kita untuk takut kepada Allah:

1. Mengetahui adzab Allah yang sangat pedih. Orang yang tidak mengetahui bahwa azab Allah itu sangat pedih tentu tentu akan melalaikan perintah-perintahNya danmelanggar larangan-laranganNya.

2. Mengetahui keagungan Allah. Manusia semakin mengetahui rahasia keagungan Allah semakin tebal rasa takut kepadaNya dan sebaliknya semakin tidak tahu rahasia keagungan Allah semakin tipis pula rasa takut kepadaNya. Oleh karenanya setiap mukmin diwajibkan untuk menuntut ilmu karena dengn ilmu maka akan semakin mengetahui rahasia keagungan-Nya.