Inilah Jadwal Imsakiyah Untuk 2,7 Juta Kota di Seluruh Dunia

Advertisemen
Jadwal Imsakiyah atau waktu-waktu tertentu dalam pelaksanakan ibadah umat islam sepanjang hari. Jadwal imsakiyah akan menjadi semacam kebutuhan pokok bagi umat Islam terutama ketika bulan ramadhan. Salah satu alasannya adalah untuk mengetahui waktu untuk berbuka puasa dan waktu akhir sahur. 

Jadwal waktu Imsakiyah ini ditentukan berdasarkan rotasi bumi dan peredarannya mengelilingi matahari, sehingga di tiap daerah dan kota akan memiliki waktu yang berbeda-beda. Daerah paling timur akan masuk waktu berbuka lebih dahulu dari pada daerah dan kota-kota di sebelah baratnya. Kota Surabaya akan lebih dulu masuk waktu berbuka puasa dari pada kota semarang, Jogja lebih dulu dari purworejo, cilacap. 

Rotasi dan peredaran bumi terhadap matahari selalu dalam keadaan stabil sehingga manusia dapat menghitungnya dengan rumus-rumus tertentu. Dari sini munculah sebuah jadwal yang dinamakan "Jadwal Waktu Shalat Sepanjang Masa", meskipun tetap dibtasi hanya berlaku sampai tahun tertentu.
jadwal imsakiyah sepanjang masa
Meski telah ada jadwal sepanjang masa tersebut, namun biasanya jadwal ini hanya dimiliki orang-orang tertentu dan biasanya ada di masjid-masjid besar. 

Berkembangnya IT termasuk dalam bidang internet, nampak semakin mempermudah masyarakat untuk mengakses jadwal imsakiyah. Dengan aplikasi ini masyarakat lebih mudah untuk mengetahui jadwal imsakiyah di kotanya masing-masing. 
Silahkan gunakan aplikasi di bawah ini untuk mengetahui Jadwal Imsakiyah di kota Anda, dengan mengetikan nama kota Anda di kotak pencarian di bawah ini. Tunggu Sebentar sehingga muncul jendela popup. Terkadang akan muncul daftar nama kota dari berbagai daerah, pilih satu kota yang merupakan tempat Anda tinggal. 

1. Ketikan Kota Anda 2. Pilih Negara


Satu hal yang perlu dipahami, bahwa sebaiknya Anda undurkan selama 1-2 menit untuk setiap waktu, agar lebih aman dalam kebenaran waktunya (karena ini adalah bentuk hisab dengan rumus tertentu yang ada perbedaan dalam kriteria penentuannya).
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini