Ukir Kembali Kejayaan Islam, Jangan Hanya Bangga Masa Lalu

Advertisemen
Kita umat Islam sering kali merasa begitu bangga dengan apa yang pernah dicapai oleh para pendahulu. Begitu banyak sumbangsih peradaban dari muslim terdahulu. Namun hal ini jangan hanya membuat kita terlena hanya dengan bangga semata. Kita harus mempersiapkan masa depan yang saat ini dihadapi oleh anak-anak kita dan anak cucu kita untuk masa depan.

Seperti halnya berbagai posting yang telah ditayangkan pada blog ini, begitu banyak kegemilangan yang dicapai oleh umat Islam terdahulu. Tujuan kami tidak hanya sekedar membanggakan sejarah kejayaan Islam, namun agar kita semua sadar bahwa kita Umat Islam memiliki kunci penting bagi perubahan menuju arah yang lebih baik bagi peradaban dunia, terbukti pada sejarah Islam dan pengaruhnya bagi perubahan dunia ke arah yang lebih baik.

Dengan melihat sejarah kegemilangan masa lalu harapannya kita dapat menemukan kembali kunci penting untuk kembali menuju puncak kegemilangan umat Islam masa depan. Dan dengan kunci tersebut kita bersama-sama membuka kembali pintu kejayaan dan kegemilangan peradaban dunia masa depan yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam.

Hal senada juga diungkapkan oleh Cendekiawan muslim, Anis Bawedan, yang juga menjabat Rektor Universitas Paramadina, saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Islamic Book Fair (IBF) yang diselenggarakan di Istana Olahraga (Istora), Kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Jumat petang (28/2), disadur dari situs republika. 

"Yang kita harus bangun sekarang adalah mengantisipasi masa depan, bukan hanya memuji dan membanggakan prestasi dan kegemilangan Islam di masa lalu," jelas Anis Baswedan.

Adalah tanggung jawab kita sebagai umat Islam untuk mengantisipasi masa depan, bukan sekedar memuji masa lalu. "Umat Islam bertanggung jawab terhadap kegemilangan dan prestasi umat di masa kini dan membahana di masa depan," tegas Anis.

Kemenangan kita tidak ditentukan oleh catatan sejarah prestasi para pendahulu di masa lalu, namun ditentukan oleh catatan kemenangan prestasi anak-anak kita saat ini dan anak cucu kita kelak mencatat peran kita hari ini di masa depan.

Anis Baswedan pun berharap melalui acara IBF ini, dapat ditumbuh-kembangkan tiga jenis minat bagi masyarakat Indonesia, yaitu: minat baca, minat menulis dan minat berdialog. Ketiga jenis minat ini, terang Anis, sangat penting artinya untuk mempersiapkan ummat Islam dalam menghadapi masa depan. Dalam konteks inilah IBF dilaksanakan.

"Hari ini, saya melihat fakta ironis terkait kondisi ummat Islam Indonesia. Secara kuantitas, Indonesia adalah negara berpenduduk Islam terbesar keempat di dunia. Namun secara kualitas, Indonesia menduduki peringkat ke 121 dari negara-negara di dunia," terang Anis Baswedan.
Baca Juga: Tantangan Umat Islam, Antara keimanan dan IPTEK. 


Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini