Canggihnya Teknologi Kincir Air Di Negeri Islam

Advertisemen
Salah satu teknologi penting dalam sistem irigasi di negeri Islam timur tengah adalah kincir air. Sebuah kincir air digunakan untuk mengalirkan aliran air dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi. Meskipun kini telah ada berbagai macam pompa air modern, namun di beberapa tempat di timur tengah masih ada yang mempertahankan teknologi lama ini. 

Salah satu keunggulan teknologi lama ini, yaitu pemanfaatan energi alam itu sendiri. Dengan kincir air, air dapat mengalir ke posisi tinggi dengan tenaga air itu sendiri secara otomatis. Aliran air yang dibantu dengan gaya gravitasi menggerakan kincir air. Pada bagian kincir air dibuat tempat untuk menampung air yang diberi lubang pada salah satu sisinya. Saat berputar kincir akan membawa air ke atas dan air akan mengalir melalui lubang-lubang saat berada di atas, sementara saat di bawah air masuk melalui lubang mengisi tempat yang kosong. 

kincir air di negeri islam


Dengan teknologi yang selaras dengan alam ini, masyarakat dapat memanfaatkan air dari tempat rendah ke tempat lebih tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli bahan bakar. Sebab itu beberapa tempat masih mempertahankan sistem irigasi ini. Salah satu kelemahan sistem kincir air nauriyah ini adalah ukurannya yang tidak praktis seperti pompa modern saat ini. Semakin tinggi tempat yang ingin dijangkau  membutuhkan diameter kincir yang semakin besar pula sesuai dengan ketinggin yang hendak dicapai. sehingga teknologi nauriyah ini hanya bisa diterapkan di tempat-tempat yang memiliki luas sungai yang memadai.


kincir air dan irigasi pertanian

Namun, teknologi semacam ini masih tetap dapat membantu di daerah-daerah yang jauh dari sistem listrik yang disediakan oleh negara. Alat ini dibuat dengan kayu dengan alasan-alasan tertentu seperti kemudahan membuatnya, tidak korosif seperti besi.

kincir air, irigasi dan air masjid


Sistem irigasi ini dibangun oleh pemerintahan Islam sebagai salah satu kewajiban agama, karena sebagai kemaslahatan rakyat. Masjid-masjid dibangun di dekat sungai-sungai agar dapat menerapkan teknologi ini sehingga air dapat dialirkan ke masjid dan jamaah akan lebih mudah mendapatkan air untuk keperluan bersuci mereka. Begitu juga madrasah dan rumah sakit dibangun di dekat sungai agar mudah mendapat pasokan air.

kincir air di perkotaan

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini