Perkembangan Styles dan Desain Busana Muslim Indonesia

Advertisemen
oleh: Eva F. Amrullah

Dengan semakin populernya pakaian Islam di Indonesia dalam beberapa dekade terakhir, busana muslim telah menjadi topik yang semakin hot di antara pemakai pakaian Islam. Indonesia Busana muslim terdiri dari berbagai gaya dan tren, dipengaruhi oleh faktor transnasional namun mempertahankan rasa lokal. Artikel ini melacak perkembangan busana muslim di Indonesia dan mengeksplorasi bagaimana desainer Indonesia yang terlibat dalam produksi desain pakaian Islam yang canggih.

Hingga beberapa dekade yang lalu pakaian Islam tidak begitu umum di Indonesia, tetapi baru-baru ini telah menjadi tren, tidak hanya di antara para pemakainya, tetapi juga sebagai sektor produksi. Busana Muslima, istilah yang digunakan untuk Gaun Muslim perempuan di Indonesia, menunjukkan pakaian apapun termasuk penutup kepala. Dengan tren mengenakan pakaian Islam ini, berbagai gaya telah muncul membuat busana muslim salah satu topik terpanas yang akan dibahas oleh pemakai dan non-pemakai pakaian Islam modis. Impuls apa yang telah mengarahkan ke pertumbuhan dan penyebaran mode busana muslim di Indonesia? Darimana gaya modis berbusana muslim ini berasal? Dan bagaimana desainer Indonesia sendiri terlibat dalam sirkuit yang rumit dari penyebaran mode busana muslim ini?

Istilah yang digunakan untuk gaya gaun Islam di Indonesia kadang-kadang membingungkan bagi mereka yang lebih akrab dengan istilah yang digunakan di Timur Tengah. Kerudung dan jilbab keduanya merujuk pada penutup kepala perempuan. Istilah tu mungkin digunakan secara bergantian, tapi kerudung biasanya mengacu pada Selendang transparan lama yang meliputi rambut wanita. Jilbab adalah bagian lagi kain yang hampir sepenuhnya menutupi tubuh wanita kecuali wajah dan tangan. Istilah Cadar digunakan untuk cadar.

Dalam pengaturan tertentu, seperti dalam madrasah Islam dan pesantren Islam, gaya pakaian Islam, seperti penutup kepala, memiliki sejarah yang panjang, tetapi tampilan publik untuk penutup kepala tetap terbatas; pada kenyataannya, sampai tahun 1980-an itu terutama dipakai oleh wanita-wanita yang telah melakukan haji . Juga, prmsksisn cadar adalah oleh dan sebagain besar terbatas pada penganut Darul Arqam, sebuah gerakan Islam yang berbasis di Malaysia.

Barulah pada tahun 1980, cadar menjadi lebih terlihat dengan penyebaran Jamaat Tabligh yang pengikutnya perempuan sebagian besar memakai gaya berpakaian ini. Cadar telah menjadi lebih luas sejak tahun 2000 dengan pertumbuhan popularitas beberapa kelompok Salafi. Sering terjadi ketegangan tentang isu jilbab . Pada tahap awal rezim Orde Baru , mengenakan Pakaian Islam dianggap sebagai bentuk perlawanan terhadap negara berwenang . Pada tahun 1982 , Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bahkan memutuskan untuk mencegah siswi lembaga pendidikan sekunder mengenakan penutup kepala di sekolah, dengan alasan bahwa praktek ini dipandang sebagai pelanggaran kode dasar seragam sekolah . Pada akhir 1980-an rumor telah menyebar bahwa wanita berkerudung yang menyebar racun - jilbab beracun / racun jilbab - di bawah lipatan pakaian mereka. Barulah pada tahun 1991 , bahwa negara , dalam upaya untuk mengkooptasi masyarakat Muslim, perempuan Muslim diperbolehkan lagi untuk mengenakan penutup kepala di sekolah dan kantor pemerintah.

Dari tahun 1990-an di sana telah tumbuh pemakaian gaya pakaian modis Islam dan motivasi untuk memakai gaya ini gaun dan maknanya dikalikan . Ikatan popularitas yang lebih besar ini dengan keunggulan Islam yang lebih umum yang lebih besar di Indonesia . Hal ini, untuk Misalnya , terlihat dari pertumbuhan perempuan pengajian dipimpin oleh da'i muda , guru Islam. Beberapa guru agama karismatik , seperti Abdullah Gymnastiar , Jefry al- Buchori , dan Ahmad al-Habsy , memakai pakaian muslim modis dan memiliki menginspirasi wanita Muslim untuk mengadopsi tidak hanya pakaian Islam tetapi jenis yang lebih modis. Bbeberapa guru-guru muda bahkan telah dipekerjakan sebagai ikon untuk pakaian pria Muslim oleh Perancang busana muslim Indonesia.

Namun , mengenakan pakaian Islam tidak hanya tanda kesalehan pribadi, tetapi juga dapat mencerminkan individu dan identitas komunal. Bagi beberapa orang itu adalah bagian dari gaya hidup, sedangkan di beberapa pengaturan seperti di pesantren Islam telah dipaksakan dari atas. sejak tahun 2001 pemerintah Indonesia juga telah menerapkan program otonomi daerah, yang telah menghasilkan beberapa provinsi seperti Aceh dan Bukulumba ( Sulawesi Selatan ) mengadopsi atau mempersiapkan untuk mengadopsi hukum syariah , termasuk kewajiban mengenakan busana Muslim.

Pengaruh dari Luar

Sejarah kedatangan Islam ke Indonesia secara signifikan telah mempengaruhi gaya tertentu gaun yang dikenakan di Indonesia . Ketika ulama dan pedagang dari luar negeri datang ke Indonesia mereka tidak hanya membawa dengan mereka ide-ide dan barang, tetapi juga gaya busana dari negara mereka. gaya dari Arab Saudi serta dari Yaman menjadi populer , terutama ketika orang-orang dari negara-negara itu mulai menikahi wanita Indonesia. masih penggunaan Arab abaya , bungkus head-to -toe menutupi seluruh tubuh , pada awal Indonesia adalah tidak sepopuler penggunaan shalwar qamiz , tunik dikenakan di atas celana panjang , dari Semenanjung India. Hal ini karena, pertama, shalwar qamiz menyerupai gaya lokal seperti baju kurung dari Sumatera barat atau kebaya Panjang ( kebaya panjang) dari Jawa Tengah dengan Perbedaan yang shalwar qamiz dikombinasikan dengan celana sedangkan yang kedua biasanya dikombinasikan dengan rok atau sarung .

Kedua, shalwar qamiz dengan kombinasi dari tunik dan celana panjang yang digunakan untuk lebih disukai oleh perempuan Indonesia yang aktif dalam ruang publik yang merasa mereka bisa bergerak lebih bebas dengan mengenakan celana. Terakhir, untuk desainer awal sendiri, seperti Ida Royani dan Ida Leman , mereka merasa bahwa lebih mudah untuk memodifikasi shalwar qamiz dari abaya . Sudah terutama sangat ketat dan kelompok konservatif yang telah mengadopsi gaya Arab seperti Jamaah Tabligh dan beberapa kelompok Salafi .

Wanita lulusan Indonesia dari universitas Islam Timur Tengah, khususnya dari Universitas al-Azhar di Mesir , juga memainkan signifikan peran dalam aliran mode busana muslim di Indonesia . Ketika perempuan siswa kembali ke rumah , mereka membawa saus Islam gaya populer pada saat itu . Pada akhir 1990-an , misalnya, banyak lulusan al- Azhar membawa tipe baru bahan untuk kerudung yang berwarna-warni dan transparan . Mereka juga memperkenalkan cara mengikat dan mengatur gaya kerudung yang berada di mana mereka telah kuliah.

Desainer Indonesia Mulai sekitar akhir 1990-an dan awal 2000-an , Indonesia menyaksikan kelahiran desain pakaian Islam yang canggih . Pada tahun 1993 , sebuah asosiasi perancang busana Indonesia disebut APPMI ( Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia ) didirikan yang banyak perhatian untuk gaya gaun Islam dan dirangsang perkembangan mereka menjadi komoditas modern. Pada tahun 1996 , APPMI membuat sebuah divisi yang mengkhususkan diri dalam busana Muslim yang memberikan suasana kondusif untuk pertumbuhan industri mode busana muslim di Indonesia.

Para desainer yang aktif di divisi ini sebagian besar perempuan. Desainer perempuan tidak hanya merancang busana untuk wanita Muslim, tetapi juga untuk pria, remaja, dan anak-anak. Namun, baju muslim terutama yang dirancang untuk pria di Indonesia tidak sepopuler busana Muslim untuk perempuan. Baju muslim laki-laki biasanya dipakai hanya pada kesempatan khusus seperti dalam perayaan hari raya Islam. Salah satu gaya yang paling umum dari pakaian Muslim untuk pria adalah gaya koko yang menyerupai pakaian laki-laki Cina. Gaya kurta meliputi kemeja longgar dengan celana shalwar longgar, awalnya dipakai di India, Pakistan, Bangladesh, Afghanistan, dan Sri Lanka.

Di Indonesia itu sebagian besar dipakai oleh anggota laki-laki dari Jamaah Tabligh. Jubba, akhirnya , adalah garmen dengan pergelangan kaki panjang yang dikenakan oleh orang Indonesia Keturunan Arab, Salafi, dan Indonesia yang baru saja kembali dari haji ke Mekah.

Dengan desainer busana muslim Indonesia menjadi produsen aktif dalam aliran komoditas transnasional, mereka juga telah diundang untuk mengekspor gaya mereka dan bahkan meluncurkan butik di negara lain seperti contoh awal dari Anne Rufaidah yang mengekspor desain dia ke Arab Saudi pada 1984-1985 dan Tuty Adib di Malaysia, Singapura, dan Brunei . Popularitas mode busana muslim Indonesia telah sangat ditingkatkan melalui fashion show yang diselenggarakan di luar negeri seperti yang dilakukan oleh Anne Rufaidah di Malaysia, Aljazair, Dubai, India, dan juga oleh Shafira di London dan negara-negara tetangga. Pada bulan Januari 2008 , Shafira meluncurkan tema " Bhinneka Tunggal Ika " baru yang bertujuan untuk merancang pakaian mods yang cocok untuk komunitas Muslim dari latar belakang yang sangat beragam. Shafira juga berencana untuk membuka showroom di Timur Tengah negara dan Asia Tenggara.

Media berperan penting dalam mempopulerkan karya Indonesia Perancang busana muslim . Majalah wanita Muslim penuh dengan iklan mempromosikan busana muslim dan menjual produk-produk kecantikan. Tiga majalah besar yang berfokus pada busana Islam Noor , Paras , dan Alia , yang mempromosikan penggunaan cakupan tubuh moderat , seperti penggunaan kerudung gaul yang terdiri dari kerudung yang sederhana dikenakan dengan celana, seperti jeans biru, dan kaos lengan panjang ketat.

Dua majalah Islam lainnya yang sudah muncul sebelumnya adalah Ummi dan Annida . Mereka mempromosikan lebih tipe tubuh - covering Islam fashion, yang terutama terdiri dari jubah penuh atau tunik longgar dengan panjang rok dan kerudung besar atau bahkan tanpa hiasan cadar . Jurnal ini ketat terhadap jalan kerudung karena tidak mencakup sebagian dari tubuh wanita . Sejak pergantian abad industri busana muslim telah menggunakan banyak situs web untuk menyebarkan produknya.

Desainer Indonesia juga telah menciptakan apa yang kemudian dikenal sebagai kerudung instan ( jilbab instan ) dan Cadar instan ( instant cadar ). Kerudung tersebut disebut instan karena langsung siap untuk dipakai dan dirancang untuk pas sehingga pemakai tidak perlu aksesoris seperti pin dan / atau bandana untuk memperketat cengkeramannya. Selain itu, tidak hanya memiliki gaya lama , tetapi desainer Muslim Indonesia telah mengembangkankain mereka sendiri.

Pada tahun 2008 , misalnya, tren baru dalam penggunaan kain busana Islam terbuat dari tenun tradisional Indonesia (tradisional menenun ) sedangkan pada tahun 2007 batik sangat populer . Bahan-bahan ini, termasuk juga sutra, sebagian besar digunakan untuk blus panjang dengan celana atau rok dan dilengkapi dengan kerudung trendi. Bahkan gaya Pakaian Islam yang paling konservatif , seperti abaya dan cadar memiliki " sentuhan Indonesia, " seperti yang dapat dilihat pada biasanya abaya warna-warni Indonesia dan bordir berwarna-warni dan manik-manik pada cadar.

Singkatnya , Indonesia mengimpor gaya dan desain dari luar negeri , desainer Indonesia telah merubah ini ke dalam gaya lokal . Bahwa memang benar bahwa dalam pengaruh eksternal masa lalu memberikan kontribusi terhadap pengenalan busana Muslim , busana Muslima sendiri adalah penciptaan desainer busana Muslim Indonesia . Mereka tidak hanya percaya diri dalam keterampilan desain mereka , tetapi juga lebih suka menggunakan produk budaya Indonesia seperti batik , tenun , bordir , dan sutra . Mereka telah menjadi produsen dan bahkan memperkenalkan gaya modis berbusana muslim dalam sirkuit industri fashion transnasional.

Eva F. Amrullah is a Ph.D. candidate at the Research School of Pacific and Asian Studies (RSPAS), Australian National University. She was a fellow at ISIM in 2005.

Diterjemahkan dari: LeidenUniv.nl

Baca Juga Artikel Ini: Adab Berpakaian dalam Islam - Aurat Perempuan Muslim

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini