Inilah Masjid Tertua di Indonesia, Berusia 700 Tahun

Advertisemen
Di wilayah timur Indonesia, yaitu di kepulauan Maluku, Islam telah berkembang sejak abad ke 14. Pada saat portugis datang ke wilayah itu, Islam telah tersebar di Maluku.

Raja Ternate (kerajaan terbesar di Maluku) yaitu Bayang Ullah telah memeluk Islam.

Terletak di kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah terdapat sebuah Masjid yang telah berdiri selama tujuh abad di Pulau Ambom.

Masjid ini didirikan pada 1414 dan hingga kini masih kokoh berdiri. Mulanya masjid ini dinamai Masjid Wawane karena berdiri di lereng gunung Wawane.

Masjid ini dibangun oleh keturunan Kesultanan Jailolo dari Moloko Kie Raha, Pernadu Jamilu. Tapi kini masjid itu biasa disbut orang-orang, Masjid Wapauwe.

inilah masjid tertua di Indonesia sudah 700-an tahun

Bentuk asli masjid itu tetap dipertahankan hingga kini. Masjid terletak diantara pemukiman penduduk kaitetu dengan bentuk yang sangat sederhana.

 Arsitekturnya sangat unik dan bersifat elementer. Masjid ini dibangun tanpa paku yang menyatukan setiap bagian-bagiannya sehingga dapat dibongkar-pasang.

Untuk menyambungkan setiap bagian bangunan, perancangnya hanya menggunakan pasak kayu. Konstruksi ini memungkinkan masjid dapat dipindah-pindahkan.

Bentuk masjid ini seperti bujur sangkar dengan ukuran hanya 10 x 10 meter. Ketika pertama kali didirikan masjid ini tidak memiliki serambi.

Dalam renovasi dilakukan penambahan serambi yang memiliki ukuran 6,35 x 4,75 m. Dinding masjid ini dibuat dari gaba-gaba, yaitu pelepah sagu yang dikeringkan. Pada renovasi setengah dinding dibuat dengan campuran kapur.

Mihrab masjidnya berukuran 2x2  meter seperti umumnya masjid di Jawa dan Bali.

Mimbar masjid terbuat dari kayu yang bentuknya seperti kursi. Ukurannya cukup tinggi sehingga mimbar ditambahi anak tangga.

Pada bagian atasnya dihiasi lengkungan dan ukiran kayu. Bedug terbuat dari gelondongan kayu utuh dengan diameter 2 m. Bedung diikat dengan rotan dan digantung pada balok di atasnya. (Sumber ROL)
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini