Translate To Your Language

Jenis-Jenis Sakit Perut

Diposkan oleh Islam Wiki

Sakit/Nyeri perut dapat berkisar dari intensitas sakit perut ringan sampai nyeri akut parah. Rasa sakit ini sering tidak spesifik dan dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Banyak organ yang ditemukan dalam rongga perut. Kadang-kadang rasa sakit secara langsung berkaitan dengan organ tertentu seperti kandung kemih atau ovarium, sedangkan waktu lainnya lebih difus atau non-spesifik .. Biasanya, sakit perut berasal dari sistem pencernaan. Misalnya, rasa sakit dapat disebabkan oleh radang usus buntu, diare kram, atau keracunan makanan.

Jenis dan lokasi nyeri dapat membantu dokter menemukan penyebabnya. Intensitas dan durasi nyeri juga harus diperhatikan ketika membuat diagnosis. Karakteristik umum beberapa sakit perut adalah sebagai berikut:

Karakter Nyeri: Nyeri perut bisa tajam, tumpul, menusuk, kram-seperti, knifelike, memutar, atau menusuk. Banyak jenis sakit yang mungkin.

Lama Nyeri: Nyeri perut bisa singkat, yang berlangsung selama beberapa menit, atau mungkin bertahan selama beberapa jam dan lebih lama. Kadang-kadang nyeri perut datang pada kuat untuk sementara waktu dan kemudian mengurangi intensitas untuk sementara waktu.

Keadaan pemicu: Rasa sakit dapat memburuk atau lega oleh peristiwa tertentu, seperti lebih buruk setelah makan, lebih baik dengan buang air besar, lebih baik setelah muntah, atau lebih buruk ketika berbaring. Nyeri perut bisa membuat seseorang ingin tinggal di satu tempat dan tidak bergerak. Atau rasa sakit itu dapat membuat mereka jadi gelisah mereka ingin memacu sekitar mencoba untuk menemukan "posisi yang tepat."

Para dokter akan mencoba menentukan daerah perut di mana rasa sakit berasal ketika menentukan penyebab sakit perut. Hal ini dilakukan dengan menggabungkan pertanyaan seperti - "Saat pertama kali memiliki rasa sakit, di mana kau merasakannya?" - Dengan pemeriksaan perut. Menekan lembut pada area tertentu untuk mendapatkan rasa sakit dan mungkin meraba daerah lain untuk memeriksa ukuran dan lokasi yang tepat dari organ yang bagian lain dari pemeriksaan fisik.

Ketika hal ini dikombinasikan dengan pertanyaan umum tentang nyeri seperti "Apakah nyeri biasa atau tajam?" "Berapa lama Anda menderita nyeri itu?" dan pertanyaan tentang kondisi kesehatan Anda - "Apakah Anda telah muntah?" - Praktisi perawatan kesehatan dapat mempersempit kemungkinan penyebab rasa sakit.

Setelah pertanyaan dan pemeriksaan fisik selesai, praktisi kesehatan baik akan memberikan pasien diagnosis dan memberikan saran tindak lanjut rekomendasi atau tes agar darah, dan mungkin sinar-X dan pencitraan untuk lebih membantu mengidentifikasi mengapa pasien kesakitan .


Jenis Jenis Sakit Perut

Nyeri viseral

Nyeri viseral secara langsung berkaitan dengan organ yang terlibat. Sebagian besar organ tidak memiliki banyak saraf sensitif, karena itu, rasa sakit umumnya kurang parah dan kurang terlokalisasi. Pasien mungkin merasa sulit menunjukkan dengan tepat persis di mana rasa sakit itu. Rasa sakit dapat digambarkan sebagai rasa tidak enak atau sakit dan akan konstan atau intermiten.

Nyeri Parietal

Nyeri parietal terjadi bila ada iritasi pada lapisan peritoneum. Peritoneum memiliki saraf lebih sensitif dibandingkan organ, karena itu, rasa sakit itu umumnya lebih berat dan mudah terlokalisasi. Pasien akan dapat menunjukkan rasa sakit dalam salah satu dari empat kuadran. Rasa sakit digambarkan sangat tajam dan biasanya konstan. Pasien biasanya akan berada dalam posisi yang terjaga, yang membantu mengurangi tekanan pada peritoneum dan memberikan beberapa bantuan.

Nyeri Alih

Nyeri alih adalah nyeri viseral yang dirasakan di daerah lain dari tubuh. Untuk alasan ini, adalah kurang terlokalisasi tetapi umumnya konstan secara alami. Contohnya adalah ketika seorang pasien dengan masalah hati memiliki rasa sakit di leher atau di bagian belakang tepat di bawah tulang belikat.

Ciri-ciri

Sakit dari Rongga Viscera 

  • kram / ​​paroxismal
  • sering kurang terlokalisasi
  • berhubungan dengan gerak peristaltik
  • pasien menggeliat di atas meja


Sakit dari Iritasi peritoneal

  • stabil / konstan
  • sering terlokalisasi
  • pasien masih terletak dengan lutut ke atas


(sumber:emedicinehealth,emtresource)