5 Gejala Usus Buntu, Yang Perlu Diketahui

Advertisemen
Radang Usus buntu terjadi ketika apendiks Anda, kantong 'cacing' yang melekat pada usus besar, menjadi meradang.

Hal ini dapat berakibat fatal sampai kematian jika usus buntu tersembut, tetapi dokter biasanya memotongnya  dengan pembedahan sebelum ini terjadi.

Diagnosis bisa rumit, bagaimanapun, kata  seorang ahli pencernaan di Aliansi Kesehatan Cambridge , sebuah sistem kesehatan Harvard yang berafiliasi publik, di Cambridge, Massascuset, Michael Payne, MD, "Ini adalah penyakit yang sangat umum dan banyak orang tidak memiliki gejala klasik , "katanya. "Kita benar-benar harus menempatkan tangan kita di perut untuk melihat secara pasti."

Temui dokter Anda jika Anda memiliki gejala berikut.


5 Gejala Usus Buntu

1. Pusar nyeri

Sakit usus buntu sering terjadi pada sisi kanan bawah perut. Tanda pertama, bagaimanapun, biasanya ketidaknyamanan dekat pusar, yang kemudian pindah ke perut bagian bawah.

Beberapa orang, termasuk anak-anak dan wanita hamil, mungkin mengalami rasa sakit di berbagai wilayah perut atau di samping.

Rasa sakit juga akan lebih buruk jika Anda memindahkan kaki atau perut; batuk atau bersin; atau tersentak-saat naik mobil bergelombang, misalnya.

2. Nyeri Memburuk dengan cepat 

Setelah rasa sakit di bagian bawah perut, bisa sangat intens. Dr Payne mengatakan banyak pasiennya menggambarkannya sebagai, "seperti tidak ada rasa sakit lainnya yang telah mereka rasakan sebelumnya."

Radang usus buntu cukup parah untuk membangunkan seseorang yang sedang tidur. Setelah muncul, tingkat keparahan nyeri dapat meningkatkan dengan cepat-dalam hitungan jam, Dr Payne mengatakan.

3. Demam dan menggigil

Gejala usus buntu dapat meniru orang karena sakit perut, termasuk demam ringan, menggigil, dan gemetar.

Dr Payne mengatakan bahwa jika Anda memiliki sakit perut dengan demam 100-derajat fahrenheit, itu mungkin tidak perlu khawatir. Tapi jika Anda mengalami demam 103-derajat dan sakit perut cukup parah bahwa Anda tidak bisa berdiri tegak, mungkin usus buntu.


4. Muntah, mual, atau kehilangan nafsu makan


Anda bisa, bagaimanapun, mengalami beberapa hari di mana nafsu makan Anda rendah dengan beberapa mual dan muntah ringan, mirip dengan apa yang mungkin Anda alami saat  perut kembung. Jika membaik setelah satu atau dua hari, Anda mungkin baik.

Tapi jika terus menjadi lebih buruk-terutama jika Anda juga mengalami demam dan perut kanan bawah sakit-Dr. Payne mengatakan untuk mencari bantuan medis. Jika Anda telah muntah selama lebih dari 12 jam, atau telah mengalami diare selama lebih dari beberapa hari, Anda harus menghubungi dokter Anda.


5. Sembelit atau diare

Seperti banyak gejala lain, mungkin tidak parah dan mungkin akan datang setelah Anda sudah mengalami sakit perut.

Tapi jika Anda memiliki diare ringan-terutama jika ada banyak lendir di dalamnya-di samping kanan bawah sakit perut, pergilah ke dokter.
(health.com)
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini