Para cendekiawan Barat Yang Kagum Terhadap Muhammad SAW

Advertisemen

Bagi umat Islam Rasulullah saw adalah merupakan teladan utama untuk menjani kehidupan di dunia ini. Rasulullah saw merupakan "Al-Quran Hidup". Pada intinya diutusnya Rasulullah saw kepad Umat Manusia untuk menyempurnakan akhlak, Sehingga keutmaan akhlak beliau tidak dapat diragukan lagi. Kejujuran, budi pekerti, sopan-santun dan kesabaran yang luar biasaa membuat orang tertegun dan mencintainya. Tenyata tidak hanya umat Islam, para pemikir dan ilmuwan barat yang non-mulsim juga banyak yang mengakui keuatamaan akhlak Muhammad saw sebagai manusia sempurna dan berpengaruh sepanjang sejarah dunia.

Michael Hart, seorang peneliti amerika beragama Kristen dalam buku (the 100, Most Ranking of the Most Influential Person in History) menempatkan Muhammad SAW sebagai orang pertama yang paling berpengaruh. Menurutnya, Muhammad adalah satu-satunya orang yang berhasil mutlak dalam bidang agama dan dunia. Muhammad SAW adalah pemimpin politik, militer dan agama yang telah wafat 14 abad silam namun pengaruhnya tetap eksis hingga sekarang, bahkan sampai akhir zaman. "Beliau berhasil mendirikan kerajaan terbesar yang pernah didirikan dalam sejarah".

Sementara Dr Gernier, ilmuwan yang masuk Islam setelah membaca ayat-ayat al-Qur'an berkaitan dengan ilmu kedokteran, kesehatan dan fisika, mengatakan,:Muhammad SAW telah membawa kebenaran yang jelas dan sempurna sebelum para Ilmuwan mencapainya di zaman modern, "Kebenaran itu adalah AlQur'an.

Seorang cendekiawan dan penulis besar Rusia, Tolstory, menilai Muhammad patut mendapatkan penghargaan, penghormatan dan pengagungan. Beliau adalah pembimbing besar yang mengabdi kepada kemanusiaan. Beliau menunjukan manusia kepada cahaya kebenaran, serta mengarahkan mereka untuk condong kepada perdamaian dan mencegah pertumpahan darah.

Roger Garaudy,  seorang penulis dan pemikir modern menuturkan, Islam adalah agama yang menyerbak karena akhlak. Hukum-Hukum dan Teladan mulia  yang disebarkan Nabi Muhammad. Ia menukilkan sabda rasulullah saw:"Tidaklah seseorang beriman, sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya sendiri. " Garaudy pun menjadi muslim setelah melewati perjalanan panjang medalami agama-agama dan menemukan Islam sebagai yang terbaik.

Thomas Carlyle, Pemikir dan ilmuwan Inggris, telah menelusuri pemikiran dan kejujuran para tokoh dunia dalam semua bidang. Risetnya ini ia tuangkan dalam "On Heroes an Hero Worship". Saat membahas tentang Islam ia menulis, misi yang dibawa Muhammad adalah lampu penerang bagi berjuta-juta manusia selama 14 Abad. "Adakah lelaki pendusta yang dapat menciptakan sebuah agama lalu menyiarkannya, seperi Islam? Misi yang dibawa Muhammad adalah kebenaran, dan suara yang keluar dari dirinya adalah suara penuh kejujuran, "Tulisnya.

Begitu besarnya pengaruh Rasulullah dalam mengilhami para pemikir dan ilmuwan itu menuju kebenaran. Meskipun banyak yang menyanjung kemuliaannya, ia tak pernah bangga atau sombong. Kecintaannya terhadap umat juga tak pernah pupus. Ketika ajal menjemput, Rasul saw beberpa kali menyebut: "Ummati, Ummati, Ummati.(Umatku- Umatku Umatku).

(Dinukil Tulisan Ahmad Muhajjir, Majalah Gontor, Maret 2008)

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini