Translate To Your Language

Sifat-Sifat Tercela dan Terpuji

Diposkan oleh Islam Wiki

Adapun yang dimaksud sifat disini adalah dalam konteks perilaku atau keadaan hati manusia. Dari hati lah sesungguhnya sesuatu ibadah ataupun suatu perbuatan itu dinilai oleh Rabb 'Azza Wajalla. Maka kita sebagai orang yang beriman haruslah mengetahui tentang sifat-sifat perilaku yang harus dihindari dan sifat yang seharusnya dilakukan. 

Dari kitab ihya' Ulumuddin (Al Ghazali), diantara yang terpuji dari keadaan hati itu seperti:
Sabar, Syukur, Ikhlash, Takut Kepada Allah, Mengharap rahmat Allah, Ridho, Zuhud (tidak terpancang dunia), Taqwa, Qona'ah(merasa cukup), Dermawan, mengetahui bahwa karunia itu milik Allah dalam segala keadaan, ihsan, husnudzan(berbaik sangka), jujur, baiknya pergaulan.

Mengetahui hakekat-hakekat dari keadaan-keadaan ini, batas-batasnya, sebab-sebabnya yang dengannya keadaan-keadaan itu diusahakan, buahnya, ciri-cirinya, merawat apa yang lemah darinya sehingga kuat, adalah termasuk ilmu akherat.

Sedangkan yang tercela dari keadaan hati seperti: iri, dengki, benci kepada takdir, curang, bermegah-megahan, senang dipuji, marah, permusuhan, tamak, pelit atau kikir, cinta dunia, sombong, memuliakan orang kaya, menghina orang miskin, , saling membanggakan, sombong terhadap perkata yang haq, dusta, khianat, panjang angan-angannya, kerasa dan kasarnya hati,  gembira dengan dunia bersedih karena kehilangan dunia, sedikitnya rasa malu, sedikit belas kasih.

Ke Materi Akhlak>>