Translate To Your Language

Sebab-Sebab Turunnya Ayat-Ayat AlQuran

Diposkan oleh Islam Wiki
Asbabun Nuzul adalah salah satu ilmu yang harus dipelajari bagi seseoran yang ingin menafsirkan Al-Qur'an. Pemahaman terhadapnya merupakan sebuah kemestian, agar tidak terjadi kesalahan dalam menafsirkan ayatayat Allah. Pemahaman terhadap ilmu ini juga akan memperkaya penafsir dalam menggali mukjizat-mukjizat Al-Qur'an.

Ibnu Taimiyyah mengemukakan bahwa mengetahui Asbabun Nuzul suatu ayat dapat membantu Mufassir memahami makna ayat. Pengetahuan tentang Asbabun Nuzul suatu ayat dapat memberikan dasar yang kokoh untuk menyelami makna suatu ayat Al-Qur’an.

Al-Wahidy berpendapat: "menafsirkan ayat tanpa bertitik tolak dari sejarah dan penjelasan turunnya tidaklah mungkin."

Ibnu Daqiqil 'Ied berpendapat: "Keterangan tentang Asbabun Nuzul adalah merupakan salah satu jalan yang tepat dalam memahami Al-Qur'an."

Ibnu Taimiyah berpendapat: "Ilmu Asbabun Nuzul akan membantu dalam memahami ayat, karena ilmu tentang sebab akan menimbulkan ilmu tentang akibat".
Terdapat banyak faedah dalam mengetahui sebab-sebab turunnya ayat. Sedangkan orang yang mengatakan bahwa mengetahui sebat-sebab turunnya ayat tidak ada faedahnya, telah melakukan sebuah kesalahan. Karena sebab-sebabt turunnya ayat adalah sejarah bagi ayat-ayat tersebut. Di antara faedahnya adalah mengetahui makna ayat yang sebenarnya atau menghilangkan kesulitan dalam memahaminya.

Silakan akses ebook asbabunNuzul di bawah ini (tunggu sampai muncul).