Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer

Diposkan oleh Islam Wiki
Dalam jaringan komputer, kabel merupakan media penghubung utama, karena kabel merupakan media transfer antar PC. Dalam jaringan Lokal, dikenal ada tiga jenis kabel, yaitu :

1.     UTP (Unshielded Twisted Pair)
Merupakan kabel jaringan yang paling banyak digunakan karena kemudahan yang ditawarkan, yaitu kemudahan pengembangan jumlah klien tanpa mengganggu sistem komunikasi atau tanpa harus mematikan server. Namun kelemahan utamanya adalah relatif mahalnya implementasi sistem, diperlukan satu hub yang berfungsi sebagai konsentrator koneksi jaringan. Hub terdiri dari port koneksi yang saling terhubung. Jangkauan maksimumnya dalah 100 m.

2.     Coaxial. 
Kabel coaxial banyak digunakan di jaringan lokal karena biaya pembangunan jaringan relatif murah dan tidak memerlukan hub sebagai konsentrator jaringan.
Kabel coaxial terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
a.      Thick Co-axial yang memiliki jangkauan antar titik koneksi  sepanjang 500 m.
b.     Thin Co-axial yang memiliki jangkauan antar titik koneksi   sepanjang  185 m.
Kabel tipe ini banyak dipakai di jaringan komunikasi analog. Seperti 2M band. Adapun jenis kabel coaxial yang biasa digunakan adalah RG-58, RG-8, dan lan-lain.
     
3.     FDDI.     
FDDI (Fiber Data Distributed Interface) atau yang sering disebut dengan kabel Fiber Optic, menggunakan 2 buah ring. Pertama, Primary ring yang digunakan untuk komunikasi data. Kedua, Secondary ring yang digunakan sebagai media komunikasi cadangan. Kedua ring ini bertransmisi secara berlawanan (counter rotating).
Versi FDDI ada yang menggunakan inti copper dan disebut sebagai CDDI (Copper Distributed Data Interface). FDDI Fiber Optik mempunyai dua mode transmisi, yaitu single mode dan multi mode. Single mode menggunakan sinar laser sebagai media, transmisi data sehingga mempunyai jangkauan yang lebih jauh. Sedangkan multimode menggunakan LED sebagai media transmisi.
Keuntungan menggunakan Fiber Optic, antara lain :
a.     Fiber Optic tidak mentransmisi sinyal elektrik sehingga tidak ada gangguan secara elektrik dari Radio Frequency Interference (RFI) dan Electromagnetic Interference (EMI)
b.     Jangkauan FDDI sekitar 2 km untuk single mode dan 26 km untuk multi mode.