Demokrasi Hanyakah sebuah Ilusi?

Advertisemen
Pokok bahasan utamanya adalah kritik terhadap tata kehidupan modern dan upaya umat Islam di Cape town untuk mengatasinya lewat penerapan syariah. Pintu masuk penerapan syariah ini dimulai dengan penegakan rukun zakat. Mereka mencoba menjalankan syariat ini sebagaimana seharusnya, bukan sedapatnya, yang menjadi ciri pragmatisme Islam modernis. Akibat dari pragmatisme adalah ditundukkannya cari hidup Islam sepenuhnya di bawah cara hidup modern, mengikuti suatu 'agama universal' masa kini, yaiut kapitalisme. Restorasi syariah sebagaimana yang tengah dilakukan oleh umat Islam Cape Town adalah upaya untuk mengembalikan tata cara hidup Islami, sebagaimana yang diajarkan Rasulullah saw. Modelnya mengikuti tradisi dari amal Madinah. 

Bagi umat Islam Cape Town, Islam akan tegak, dan lainnya akan runtuh, sebab Islam adalah satu-satunya alternatif yang tersisa sebagai cara hidup yang unggul, setelah sosialisme terbukti gagal. Jalan modern sekuler, sebagaimana diajarkan para pembaru Islam, maupun 'Islamisasi tata kehidupan'ang disusung para penyeru Kebangkitan Islam yang mengikutinya, dipandang menyesatkan. Modernisme Islam dipandang telah menjerumuskan umat Islam ke dalam lubang yang sama, kapitalisme menindas.

Akan dibahas pula apa yang dimaksud dengan cara hidup kapitalistik di satu sisi dan cara hidup Islami di sisi lain. Kemudian akan dilanjutkan dengan uraian yang lebih rinci tentang  karakter dari sistem kapitalis, dalam perspektif Islam, yang berimplikasi pada bekerjanya sistem pnegorganisasian masyarakat secara tiranik (menindas). Pengorganisasian masyarakat tiranik yang dimaksud berlangsung melalui satu mesin kekuasaan modern yang dirancang dalam struktur negara fiskal, yang kini sepenuhnya monolitik, disebut demokrasi.

Cara hidup modern adalah cara hidup yang dilandasi oleh sikap materialistik dan keduniaan. Keduanya memutus kaitan antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat. 

Judul Buku : Ilusi demokrasi: kritik dan otokritik Islam : menyonsong kembalinya tata kehidupan Islam menurut amal Madinah.
Penulis : Zaim Saidi (zaimsaidi.org)

Baca sebagian Isi buku tersebut :

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini