Artikel, Berita dan Opini Tentang Islam

Apa Saja Keilmuan Islam itu?

Promo Sponsor:

Pada dasarnya Islam tidak membeda-bedakan antara apa yang sekarang disebut dengan ilmu agama dan ilmu umum. Fonemena dualisme keilmuan yang sekarang melanda umat Islam itu relatif baru (Kira-kira awal abad 19 M, ketika bangsa Islam mulai dijajah). Sekarang ada yang disebut sekolah umum, ada sekolah agama, dimana orang begitu pintar ilmu syariah, tapi tidak tahu menahu, bahkan memang tak mau tahu tentang ilmu umum.

Begitu sebaliknya seorang profesor kimia, misalnya pintar sekali dibidangnya, tapi selalu mengatakan, “Saya ini orang awam,” untuk urusan agama. Ulama-ulama kita dulu, tak pernah membedakan. Bagi mereka semuanya penting. Hanya ada prioritas; mana dulu yang perlu dipelajari karena berkaitan dengan kebutuhan individual? Mana yang fardu ‘ain dan mana yang fardhu kifayah?

Bukti bahwa orang dulu tak pernah menganaktirikan disiplin ilmu tertentu dapat dilihat dari ilmu yang dikuasai ulama-ulama terdahulu, seperti Ibnu Sina, Ibnu Khaldun dan kawan-kawannya, yang menguasai berbagai disiplin ilmu.

Berikut ini adalah beberapa ilmu-ilmu yang perlu untuk dipelajari:

BAB SYARIAT
ISLAM

Akidah

Akhlak

Sejarah Fikih

Ushul Fikih

Kaidah Fikih

Ulumul Qur'an

Ulumul hadis

Fikih

Bahasa Arab


BAB UMUM

Matematika

Falak

Kedokteran

Pertanian

Pertambangan

Arsitektur

Perkapalan

Penerbangan

Manajemen

dll.

Share Ke Temenmu:

Promo Sponsor:


Back To Top