Kisah SAhabat Rasulullah: Kedermawanan Abu Bakar

Advertisemen
Pada peristiwa Tabuk, ketika Rasulullah SAW, menyerukan agar para sahabat menginginkan hartanya, Abu Bakar ra. menyerahkan seluruh harta yang dimilikinya. Rasulullah SAW heran lalu bertanya," Lalu apa yang engkau tinggalkan untuk keluargamu, wahai Abu Bakar?" Ia menjawab," Aku tinggalkan untuk mereka Allah dan Rasul-Nya."

Dalam suatu riwayat, Sa'id bin Musayyab ra. menambahkan," Rasulullah SAW menggunakan harta Abu Bakar seperti hartanya sendiri."

Urwah ra. mengatakan bahwa ketika Abu Bakar memeluk Islam, ia memiliki 4.000 dirham. Ia menggunakan semuanya untuk membantu Rasulullah SAW.

Hadits lain mengatakan bahwa ketika Abu Bakar ra. memeluk Islam, ia memiliki 40.000 dirham. Dan ketika ia berhijrah ke Madinnah, ia memiliki tidak lebih dari 5.000 dirham, seluruhnya telah diinfaqkan untuk kepentingan Islam termasuk untuk memerdekakan budak-budak yang disiksa oleh tuannya karena memeluk Islam.

Abdullah bin Zubair ra. berkata," Abu Bakar sering membeli budak-budak yang lemah kemudian memerdekakannya." Suatu ketika. ayah beliau, Abu Quhafah, berkata kepadanya," Jika budak-budak itu engkau bebaskan, aku berpendapat sebaiknya engkau memilih yang bertubuh kuat, sehingga mereka dapat membantumu suatu saat apabila engkau membutuhkannya." Abu Bakar ra. menjawab," Aku tidak memerdekakan mereka untuk kepentinganku. Kulakukan semua itu semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah SWT."

Pahala yang Allah SWT berikan karena menolong yang lemah adalah jauh lebih besar daripada menolong yang kuat. Hadits lain menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada orang yang membantuku dengan kebaikan tanpa balasan dariku untuknya, kecuali Abu Bakar. Sesungguhnya ia telah membantuku, sehingga Allah SWT sendiri yang membalasnya pada hari Mahsyar. Dan tidak ada harta seseorang yang demikian berfaedah bagiku melebihi harta Abu Bakar."
Sumber copas: http://www.nasyids2k.com

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini