Inilah Robot Terkecil di Dunia

Advertisemen
Dari Washington (AS), Museum Sejarah Amerika,Smithsonian, pada hari Selasa minggu lalu menambahkan sejumlah teknologi robot untuk koleksinya, termasuk apa yang mungkin menjadi salah satu robot terkecil di dunia.

Robot ini dikenal sebagai Marv, kependekan dari Mini Autonomous Robot Vehicle (Kendaraan Robot Mini Otonomi),ukurannya hanya satu inci kubik. Robot ini dikembangkan pada tahun 1996 dan 1997 di Departemen Energi Nasional Sandia Lab. Footprint nya tidak lebih besar dari sebuah uang logam, dan itu dirakit dari komponen yang tersedia secara komersial, termasuk mikroprosesor, yang bergerak di atas roda.

Robot koleksi Smithsonian adalah kumpulan karya yang fantastis, bersejarah dan kekinian. Ini mencakup robot Star Wars R2-D2 dan C-3PO, serta robot mekanik 450-tahun - sebuah perangkat yang terlihat seperti biarawan dan mampu melakukan sejumlah fungsi, seperti memindahkan matanya, lengan dan kaki. Museum ini juga memiliki banyak koleksi artefak teknologi lainnya yang terkait.



Marv adalah salah satu dari sekitar 100 artefak robot dalam koleksi Smithsonian. Mereka bentuk penghargaan museum karena ada lebih dari 1 juta robot industri yang digunakan saat ini, kata Carlene Stephens, seorang kurator koleksi robotika. Sementara kebanyakan dari mereka ( robot) melakukan tugas-tugas dasar, banyaknya bukti bahwa "robot sekarang di antara kita," kata Stephens.

Barry Spletzer, pensiunan insinyur dan ilmuwan di Sandia, bekerja di Marv, upaya yang dimulainya "hampir seperti iseng."

Spletzer, yang berada di museum hari ini, senang dengan gagasan bahwa sumbangan Sandia berupa robot ke Smithsonian mungkin membantu mengekspos orang muda untuk menghadapi tantangan rekayasa.

"Satu hal yang perlu kita lakukan di negara ini adalah tumbuhnya lagi insinyur - kita tidak melakukan yang sangat baik sekarang, dan ini adalah tempat kita mulai," kata Spletzer.

"Saya selalu ingin menjadi seorang penemu seumur hidupku - aku benar-benar harus melakukannya," kata Spletzer. "Aku ingin melihat anak-anak lebih banyak melakukan itu."

Upaya awal di Sandia adalah untuk membangun sebuah robot kecil tanpa pendanaan khusus atau bagian. Intinya adalah untuk dasarnya melihat "seberapa kecil Anda dapat membuat sebuah robot," kata Spletzer.

Robot kecil lainnya menyusul, termasuk satu yang disebut Marv Jr yang ditampilkan dalam majalah Time pada tahun 2001.

Tujuan dari robot kecil untuk masuk ke ruang kecil dan melakukan inspeksi dan pencarian, dan beberapa bahkan dirakit untuk melompati dinding dan bangunan, kata Spletzer.
Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini