Foto- Foto Masa Lalu Ka'bah

Advertisemen
Ka'bah adalah bangunan suci umat Islam yang terletak di Masjidil Haram Mekah. Sejak dibangun kembali oleh Ibrahim as dan Ismail as, Ka'bah telah menjadi pusat peribadatan Haji, meski lambat laut setelah wafatnya Ismail as, ritual Haji yang dijalankan telah menyimpang jauh dari ajaran Ibrahim, terutama menyangkut keimanan.

Orang mekah menjadikan patung batu sebagai sesembahan disamping percaya kepada Allah, sehingga disebutlah mereka orang musyrik. Di sekeliling ka'bah  dipenuhi dengan berbagai macam patung sesembahan. Hingga akhirnya diutuslah Rasulullah saw untuk meluruskan ajaran agama yang telah disimpangkan oleh penduduk jazirah arab, yang merupakan millah Ibrahim.

Seiring perkembangan teknologi "cara menggambar" dunia nyata ke dalam kertas, hingga akhirnya ditemukan kamera fotografi, para jamaah haji  dan umrah pun mengabadikan suasana sekitar Ka'bah pada masa-masanya.

Berikut ini adalah foto-foto ka'bah dan sekitarnya di masa lalu yang sempat terekam oleh kamera. Namun kami hanya berhasil mengumpulkannya dalam halaman ini, dan belum berhasil menentukan tahun berapakah foto-foto ini dibuat.

foto ka'bah tempo dulu
ilustrasi Ka'bah masa awal Ismail as
Foto orang-orang thawaf di sekitar ka'bah
Foto hitam-putih ka'bah
Foto Buram Ka'bah
foto ka'bah tempo dulu
Tahun berganti tahun abad berganti abad sebuah bangunan yang dipercayai merupakan tempat ibadah pertama di dunia ini, telah melwati sejarah yang begitu panjang. Berkali-klai ka'bah terkena banjir sehingga harus melalu pemugaran.

Ka'bah banjir
Ka'bah terkena banjir pada tahun 1941.


Ka'bah terkena banjir pada tahun 1941.

'
Banjir Tahun 1941
Ka'bah terkena banjir pada tahun 1941.

Advertisemen

Related Posts

Baca Tulisan Lainnya ini